Banjir Surut, "Contraflow" Tol Jakarta-Cikampek Diperluas

Kompas.com - 02/01/2020, 19:40 WIB
Jasa Marga tindaklanjuti titik-titik genanagan air di tol Jakarta-Cikampek Dok. Jasa MargaJasa Marga tindaklanjuti titik-titik genanagan air di tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring surutnya banjir di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 24+000 Cibitung, Bekasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arus ( contraflow).

Atas diskresi kepolisian, perusahaan memberlakukan ketentuan lawan arus ini mulai dari Cikarang Barat KM 29 sampai Cibitung KM 23+600 arah Jakarta. Tak hanya itu, sejak pukul 15.15 WIB lajur lawan arus diperluas menjadi dua lajur.

"Saat ini sebanyak dua lajur, yakni lajur 3 dan lajur 4 dapat dilalui oleh seluruh golongan kendaraan," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Banjir di Jalan Tol, Masyarakat Diimbau Mencari Rute Alternatif

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kepadatan yang saat ini terjadi akibat genangan air di KM 24+000 arah Jakarta, sejak pukul 08.15 WIB.

Untuk mempercepat proses penyurutan air, Jasa Marga melakukan optimalisasi pompa.

Di antaranya pengoperasian 9 pompa submersible dengan kekuatan 1 meter kubik per menit, 2 pompa besar dengan kekuatan 6 meter kubik per menit, dan 2 pompa besar bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dengan kekuatan 8 meter kubik per menit.

Baca juga: Imbas Banjir, 4 Gerbang Tol Jakarta-Cikampek Ditutup

Jasa Marga juga menyediakan eskavator untuk mempermudah pengecekan dan penyedotan aliran air ke pembuangan.

"Jasa Marga juga mengerahkan dua eskavator untuk mempermudah pengecekan dan penyodetan aliran air ke saluran pembuangan," terang Heru.

Bagi pengguna jalan dari arah Cawang/Halim yang menuju Jalan Tol JORR, saat ini GT Cikunir 4 telah beroperasi normal, baik yang mengarah ke Rorotan maupun Jatiasih.

Sementara itu, bagi pengguna jalan yang masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, GT Cikarang Utara arah Jakarta saat ini telah beroperasi normal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X