Pengelola Tol Cipali Tanggapi Basuki Terkait Solusi Macet Tol Japek

Kompas.com - 23/12/2019, 15:47 WIB
Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana memperluas kapasitas Jalan Tol Cikopo-Palimanan ( Cipali) dengan menambah dua lajur menjadi empat lajur pada masing-masing Jalur A (arah Cirebon) dan Jalur B (arah Jakarta).

Basuki mengatakan hal itu kepada Kompas.com, menanggapi kemacetan berjam-jam di Tol Layang Jakarta-Cikampek dan eksisting, selama puncak arus mudik Natal (2019) dan Tahun Baru (2020), Senin (23/12/2019).

"Ini akan kita tempuh, karena setelah beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek, kemacetan bergeser ke Karawang Barat sebagai titik pertemuan antara lalu lintas layang dan eksisting," kata Basuki.

Selepas Karawang, kendaraan akan beralih menuju Tol Cipali melalui gerbang tol (GT) Cikampek Utama dan Cikopo.

Baca juga: Atasi Macet Tol Jakarta-Cikampek, Pemerintah Bakal Perluas Tol Cipali

Di titik itulah akan dilakukan perluasan lajur jalan di tol sepanjang 116,5 kilometer milik PT Lintas Marga Sedaya (LMS) tersebut.

 

Pekerjaan penambahan kapasitas jalan tol tersebut akan dilakukan mulai tahun 2020.

Menanggapi hal ini, CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi secara komprehensif terlebih dahulu.

Termasuk peningkatan kapasitas jalan, apakah mendesak dan diperlukan atau tidak.

"Kami evaluasi kapasitas jalan berdasarkan trafik aktual (actual traffic), bukan pada catatan-catatan yang sudah lalu," tutur Krist Ade.

Simpang susun Subang di ruas tol Cikopo ? Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa BaratFurqon Abdi Simpang susun Subang di ruas tol Cikopo ? Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa Barat
Jadi, menurut Krist Ade, meningkatkan kapasitas jalan melalui penambahan dua lajur menjadi empat lajur pada masing-masing jalur A dan B Tol Cipali, belum terlalu mendesak.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X