Sekali Lagi, Kendaraan Bermuatan Besar Dilarang Lewat Tol Layang Japek

Kompas.com - 19/12/2019, 16:44 WIB
Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

BEKASI, KOMPAS.com - Setelah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, terbuka untuk umum.

Khusus untuk libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) jalan layang bebas hambatan itu dioperasikan bebas tarif.

Namun, perlu diingatkan sekali lagi bahwa tidak semua jenis kendaraan dapat melintas tol yang dirancang sepanjang 36,4 kilometer ini.

GM Traffic PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC)  Aprimon mengatakan kendaraan bus dan truk dilarang untuk melintasi tol ini.

"Kendaraan bus dan truk dilarang naik Japek elevated," kata Aprimon dalam Konferensi Pers Kesiapan Jasa Marga Menghadapi Libur Nataru, Kamis (19/12/2019).

Baca juga: Kepadatan Lalu Lintas Selama Nataru Bakal Lebih dari 4 Juta Kendaraan

Aprimon menambahkan, pelarangan kendaraan dengan muatan berat ini berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.4963/AJ.501/DRJD/2019 Tentang Larangan Mobil Bus dan Mobil Barang Menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun batasan untuk beban kendaraan yang tidak diperbolehkan melintas adalah 10 ton per gandar atau per poros yang menghubungkan antar-roda.

Guna mengantisipasi kendaraan masuk ke jalan, pengelola akan membuka posko pantau, serta toilet di akses masuk dan keluar.

Tak hanya itu, pengelola juga menyiagakan petugas di beberapa lokasi yaitu on ramp Karawang Barat, Simpang Susun (SS) Cikunir, dan SS Cikarang Timur.

Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek
Operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek saat Nataru

Aprimon menuturkan, JJC akan melakukan beberapa rencana pengoperasian saat libur Nataru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X