Meninjau Kesiapan Tol Layang Jakarta-Cikampek Jelang Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 11/12/2019, 12:12 WIB
Menteri PUPR tinjau kesiapan Tol Layang Jakarta-Cikampek Menteri PUPR tinjau kesiapan Tol Layang Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12/2019).

Sebelum diresmikan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan jalan tol sepanjang 36,4 kilometer tersebut pada Selasa (10/12/2019) malam.

Kompas.com turut mendampingi, dan menjajal jalan bebas hambatan dengan struktur melayang ini.

Dari pantauan, masih terdapat beberapa pekerjaan yang dilakukan PT Jasamarga Jalanlayang CIkampek (JJC) selaku pengelola, khususnya pada expansion joint atau sambungan antar bagian jalan.

Namun menurut Basuki, pengerjaan tersebut bukan perkara konstruksi, tetapi hanya untuk memuluskan bagian antar-sambungan.

Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Siap Diresmikan Jokowi 12 Desember

"Bukan soal konstruksi tapi soal smoothing dan keamanan. Hanya karena sambungannya agak enggak mulus, jadi kami kerok lagi, kami bikin mulus," ucap Basuki.

Untuk memastikan penyelesaian pekerjaan ini berlangsung mulus, tak tanggung-tanggung JJC menerjunkan 20 tim.

Masing-masing tim harus dapat membenahi setiap bagian dari total 26 expansion joint dalam waktu seefisien dan seefektif mungkin, yakni hanya 2 jam.

"Dan kalau bisa besok selesai sore (Rabu) karena ini sudah 20 tim sehingga satu tim mengerjakan satu-satu aspalnya, enggak sampai 2 jam," kata Basuki.

Sejatinya, menurut Basuki, persiapan jalan tol ini sudah mendekati garis akhir, dan sudah dapat dilalui.

Baca juga: Selama Libur Nataru, Tol Layang Jakarta-Cikampek Bebas Tarif

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X