84,5 Persen Kecelakaan di Tol Cipali Disebabkan Faktor Manusia

Kompas.com - 11/12/2019, 09:23 WIB
Simpang susun Subang di ruas tol Cikopo ? Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa Barat Furqon AbdiSimpang susun Subang di ruas tol Cikopo ? Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis mengungkapkan, penyebab kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan ( Cipali) didominasi aspek kelelahan pengendara.

Aspek kelelahan ini sebesar 84,5 persen dari total kecelakaan sebanyak 967 kasus sepanjang Januari hingga November 2019.

Disusul kondisi kendaraan yang tidak prima dengan angka 14,5 persen atau 149 kasus, dan faktor lingkungan dengan 1 kasus. Sementara faktor fisik jalan tol dinilai aman untuk dilalui.

Jika dilihat secara kumulatif, jumlah kecelakaan di Tol Cipali ini terus mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga: Astra Infra Siap Dukung Kelancaran Libur Natal dan Tahun Baru

Pada 2017 misalnya, angka kecelakaan masih berada pada posisi 1.378 kasus dengan rincian, 1.138 kasus karena faktor manusia, dan 239 kasus karena kendaraan.

Jumlah tersebut merosot menjadi 1.197 kasus pada tahun berikutnya dengan dominasi penyebab kecelakaan manusia sebesar 1.039 kasus, dan kendaraan 159 kasus.

Adapun jenis kecelakaan terbanyak merupakan kecelakaan tunggal sebesar 63 persen, kemudian tabrak belakang 34 persen, dan menyeberang 3 persen.

Meski mengalami penurunan, namun fatalitas kecelakaan justru meningkat dengan jumlah korban kecelakaan meninggal dunia lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Firdaus mengakui, Tol Cipali merupakan salah satu titik lelah dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa, terutama dari arah Jawa Timur, dan Jawa Tengah menuju barat.

Oleh karena itu, sebagian besar kecelakaan terjadi di Jalur B arah Jakarta. Kecelakaan disebabkan lalainya pengemudi. Karena itu banyak terjadi kasus tabrak belakang.

Terdapat lima titik rawan kecelakaan yang perlu diwaspadai pengemudi yakin di KM 80, KM 115, KM 129, KM 137, dan KM 142.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X