Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Infra Siap Dukung Kelancaran Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/12/2019, 14:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono memastikan kesiapan seluruh 350 kilometer jalan tol yang dikelola perseroan untuk digunakan saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Seluruh 350 kilometer itu mencakup Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, dan Tol Surabaya-Mojokerto yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. 

"Kami senantaisa berkomitmen untuk mewujudkan layanan Jalan tol yang aman, nyaman dan Iancar. Kami telah menyiapkan sejumlah pelayanan baik operasional, fasilitas pendukung layanan, dan pusat diseminasi informasi guna mengantisipasi potens kepadatan yang terjadl di sejumlah ruas tol," tutur Krist Ade, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Krist Ade memperkirakan puncak kepadatan puncak arus Iibur Natal tahun ini terjadi pada H-5 atau pada Jumat (20/12/2019), sementara arus balik diperkirakan terjadi pada H+7 atau Selasa (7/1/2020).

Pada saat itu, total volume lalu lintas akan tumbuh sekitar 6 persen hingga 10 persen dari kepadatan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang mencapai 250.000 kendaraan per hari menjadi 300.000 kendaraan per hari.

Baca juga: Gratis, Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek dan Balsam Saat Natal 2019

Peningkatan lalulintas terjadi terutama di ruas-ruas yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan melintas di ruas-ruas Tol Cipali, Semarang-Solo, serta pergerakan dari Surabaya ke Mojokerto dan Jombang atau daerah-daerah lain di Jawa Tengah.

Liburan Santuy

Secara khusus, Kris mengingatkan para pengguna Jalan tol untuk tetap merencanakan liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini dengan bijaksana.

Selain kesiapan kendaraan yang akan digunakan, pengaturan jadwal keberangkatan dan rencana kembalinya perlu diatur menghindari penumpukan di tempat dan waktu yang sama.

Walaupun secara umum kondisi jalan tol dan infrastruktur pendukungnya semuanya dalam keadaan baik, masyarakat dihimbau untuk senantiasa mengikutl arahan dan petunjuk yang dlberlkan petugas menyesuaikan dinamika kondisi dan situasl lalulintas di lapangan.

"Pastikan pengemudi dan penumpangnya dalam kondisi sehat dan segar, beristirahat secukupnya, serta pelengkapan kendaraan yang memadai," kata Krist Ade.

Tahun ini Astra Intra mengampanyekan Liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, suatu pengalaman liburan berkendaraan dengan selamat, aman, nyaman, tertib, update dan informatif.

Pada aspek keselamatan, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, antiglare, flip flop lamp, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik.

Hal yang sama pada  aspek keamanan berkendaraan. Kesiapan petugas layanan patroli, petugas medis, rescue didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol.

Untuk memastikan kenyamanan berkendaraan, kesiapan kondisi main road yang semakin lebar dan bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difabel, masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.

Koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga telah dilakukan untuk memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas.

Berbagai rekayasa lalu lintas telah disiapkan mengantisipasi kondisi-kondisi khusus di lapangan. Optimalisasi gardu transaksi melalui menambahan gardu entrance-reversible, mobile reader, untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com