Astra Infra Siap Dukung Kelancaran Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/12/2019, 14:05 WIB
CEO Toll Road Business Group Astra Infra Sugeng Adji Soenarso/KONTANCEO Toll Road Business Group Astra Infra

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono memastikan kesiapan seluruh 350 kilometer jalan tol yang dikelola perseroan untuk digunakan saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Seluruh 350 kilometer itu mencakup Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, dan Tol Surabaya-Mojokerto yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. 

"Kami senantaisa berkomitmen untuk mewujudkan layanan Jalan tol yang aman, nyaman dan Iancar. Kami telah menyiapkan sejumlah pelayanan baik operasional, fasilitas pendukung layanan, dan pusat diseminasi informasi guna mengantisipasi potens kepadatan yang terjadl di sejumlah ruas tol," tutur Krist Ade, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Krist Ade memperkirakan puncak kepadatan puncak arus Iibur Natal tahun ini terjadi pada H-5 atau pada Jumat (20/12/2019), sementara arus balik diperkirakan terjadi pada H+7 atau Selasa (7/1/2020).

Pada saat itu, total volume lalu lintas akan tumbuh sekitar 6 persen hingga 10 persen dari kepadatan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang mencapai 250.000 kendaraan per hari menjadi 300.000 kendaraan per hari.

Baca juga: Gratis, Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek dan Balsam Saat Natal 2019

Peningkatan lalulintas terjadi terutama di ruas-ruas yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan melintas di ruas-ruas Tol Cipali, Semarang-Solo, serta pergerakan dari Surabaya ke Mojokerto dan Jombang atau daerah-daerah lain di Jawa Tengah.

Liburan Santuy

Secara khusus, Kris mengingatkan para pengguna Jalan tol untuk tetap merencanakan liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini dengan bijaksana.

Selain kesiapan kendaraan yang akan digunakan, pengaturan jadwal keberangkatan dan rencana kembalinya perlu diatur menghindari penumpukan di tempat dan waktu yang sama.

Walaupun secara umum kondisi jalan tol dan infrastruktur pendukungnya semuanya dalam keadaan baik, masyarakat dihimbau untuk senantiasa mengikutl arahan dan petunjuk yang dlberlkan petugas menyesuaikan dinamika kondisi dan situasl lalulintas di lapangan.

"Pastikan pengemudi dan penumpangnya dalam kondisi sehat dan segar, beristirahat secukupnya, serta pelengkapan kendaraan yang memadai," kata Krist Ade.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X