Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2019, 15:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)  dioperasikan bebas tarif saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Danang menyampaikan hal itu kepada Kompas.com, di Jakarta, saat peluncuran kampanye #LiburSantuy Astra Infra, Senin (9/12/2019).

Khusus Tol Layang Jakarta-Cikampek, Danang mengatakan, diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Desember 2019.

Jadi, selama dua hari ini, tanggal 9 dan 10 Desember, BPJT akan terus memantau pemenuhan uji laik fungsi (ULF) jalan bebas hambatan sepanjang 36,4 kilometer.

Setelah itu, Sertifikat Laik Operasi (SLO) akan diterbitkan melalui Surat Keputusan Menteri PUPR sehari setelahnya yakni tanggal 11 Desember.

Baca juga: Astra Infra Siap Dukung Kelancaran Libur Natal dan Tahun Baru

"Jadi, peresmiannya setelah itu, yakni tanggal 12 Desember," tegas Danang.

Terkait pentarifan, Danang mengaku masih dalam pembahasan. Dan waktu sebulan ini, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek segera keluar pada Januari 2020.

Pasalnya, ada hal-hal khusus yang perlu disesuaikan, seperti tarif untuk jarak terdekat, menengah, dan terjauh, serta posisinya yang paralel dengan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

"Kami perlu merumuskan hal-hal khusus itu dan akan diakomodasi. Jadi, untuk sementara, tol ini beroperasi dan tak bertarif selama satu bulan, jelang Tahun Baru 2020," imbuh Danang.

Ada pun Tol Balikpapan-Samarinda yang dirancang sepanjang 66 kilometer akan dioperasikan pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mencakup tiga seksi.

Ketiganya yakni seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 kilometer), seksi 3 ruas Muara Jawa-Palaran (17,50 kilometer), seksi 4 tuas Palaran-Samarinda (17,95 kilometer). 

Sementara seksi 1 ruas Balikpapan-Samboja (22,03 kilometer), dan seksi 5 ruas Balikpapan-Sepinggan (11,09 kilometer) yang konstruksinya didukung oleh Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur masih dalam tahap pembangunan.

 

Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan menguatkan pernyataan Danang. Menurut dia, Tol Balikpapan-Samarinda akan dioperasikan selepas diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Ya itu akan dioperasikan gratis tanpa tarif setelah peresmian oleh Pak Presiden dalam waktu dekat ini," kata Agus.

Danang menyebut, Tol Balikpapan-Samarinda bakal diresmikan Presiden Jokowi pada tanggal 20 Desember 2019.

Selain Tol Layang Jakarta-Cikampek dan Balikpapan-Samarinda, jalur bebas hambatan lain yang bisa digunakan untuk perhelatan Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 adalah Tol Manado-Bitung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com