Gratis, Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek dan Balsam Saat Natal 2019

Kompas.com - 09/12/2019, 15:42 WIB
CEO Toll Road Business Group Astra Krist Ade Sudiyono, Kepala BPJT Danang Parikesit, dan CEO Astra Infra Djap Tet Fa berpose bersama usai presentasi KEsiapan Liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2010, Senin (9/12/2019). Sugeng Adji Soenarso/KONTANCEO Toll Road Business Group Astra Krist Ade Sudiyono, Kepala BPJT Danang Parikesit, dan CEO Astra Infra Djap Tet Fa berpose bersama usai presentasi KEsiapan Liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2010, Senin (9/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)  dioperasikan bebas tarif saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Danang menyampaikan hal itu kepada Kompas.com, di Jakarta, saat peluncuran kampanye #LiburSantuy Astra Infra, Senin (9/12/2019).

Khusus Tol Layang Jakarta-Cikampek, Danang mengatakan, diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Desember 2019.

Jadi, selama dua hari ini, tanggal 9 dan 10 Desember, BPJT akan terus memantau pemenuhan uji laik fungsi (ULF) jalan bebas hambatan sepanjang 36,4 kilometer.

Setelah itu, Sertifikat Laik Operasi (SLO) akan diterbitkan melalui Surat Keputusan Menteri PUPR sehari setelahnya yakni tanggal 11 Desember.

Baca juga: Astra Infra Siap Dukung Kelancaran Libur Natal dan Tahun Baru

"Jadi, peresmiannya setelah itu, yakni tanggal 12 Desember," tegas Danang.

Terkait pentarifan, Danang mengaku masih dalam pembahasan. Dan waktu sebulan ini, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek segera keluar pada Januari 2020.

Pasalnya, ada hal-hal khusus yang perlu disesuaikan, seperti tarif untuk jarak terdekat, menengah, dan terjauh, serta posisinya yang paralel dengan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

"Kami perlu merumuskan hal-hal khusus itu dan akan diakomodasi. Jadi, untuk sementara, tol ini beroperasi dan tak bertarif selama satu bulan, jelang Tahun Baru 2020," imbuh Danang.

Ada pun Tol Balikpapan-Samarinda yang dirancang sepanjang 66 kilometer akan dioperasikan pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mencakup tiga seksi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X