Puncak Arus Libur Nataru 2019 Diprediksi 22 Desember

Kompas.com - 09/12/2019, 18:05 WIB
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRKepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 atau Nataru diperkirakan akan mengalami lonjakan dibanding periode yang sama tahun 2018 lalu.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit, pada saat puncak arus libur yang diprediksi terjadi Minggu (22/12/2019) tersebut, volume kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta menuju daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Pulau Sumatera, naik sebesar 6 persen.

"Puncak arus libur Natal dan Tahun Baru tanggal 22 Desember. Itu kenaikannya bisa sampai 6 persen," kata Danang menjawab Kompas.com, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Gratis, Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek dan Balsam Saat Natal 2019

Untuk menyambut perhelatan liburan tersebut, menurut Danang, Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) telah menyatakan kesiapannya melayani masyarakat.

Kesiapan tersebut menyangkut tol eksisting yang telah beroperasi, seperti ruas-ruas milik Astra Infra dalam jaringan Jalan Tol Trans Jawa seperti Tangerang-Merak, Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

"Kami selaku pengatur jalan tol mengapresiasi kesiapan ATI, khususnya Astra Infra yang jauh-jauh hari melengkapi fasilitas di jalan tol serta mengampanyekan keamanan, dan keselamatan di jalan tol," kata Danang.

Selain itu, kesiapan juga ditunjukkan tol yang sudah diresmikan namun belum betarif yang siap dilintasi demi kelancaran arus libur.

Baca juga: Astra Infra Siap Dukung Kelancaran Libur Natal dan Tahun Baru

Tol yang yang sudah dan segera diresmikan tersebut adalah Tol Kunciran-Serpong, Tol Layang Jakarta-Cikampek, Tol Balikpapan-Samarinda, dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung siap dilintasi.

Sementara itu, CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono menyampaikan informasi bagi para pengendara dan pengguna jalan tol kelolaan perseroan.

"Kami senantiäsa berkomitmen untuk mewujudkan layanan Jalan tol yang aman, nyaman dan Iancar. Kami telah menyiapkan sejumlah pelayanan baik operasional, fasilitas pendukung layanan, dan pusat diseminasi informasi guna mengantisipasi potens kepadatan yang terjadl di sejumlah ruas tol," tutur Krist Ade.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X