Jumat Sore, Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong

Kompas.com - 06/12/2019, 12:46 WIB
Gerbang Tol Parigi KOMPAS.COM/DANI PRABOWOGerbang Tol Parigi

JAKARTA, KOMPAS.com  Presiden Joko Widodo ( Jokowi) dijadwalkan meresmikan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 Ruas Kunciran-Serpong pada Jumat (6/12/2019) pukul 16.00 WIB.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan agenda peresmian ini kepada Kompas.com.

"Ya, hari ini diresmikan Pak Jokowi," kata Danang.

Baca juga: Ganti Rugi Tanah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Tembus 97,5 Persen

Hal senada juga dikatakan Corporate Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani bahwa Jokowi akan meresmikan tol sepanjang 11,2 kilometer tersebut.

"Ya, confirmed," ucap Faiza.

Tol Kunciran-Serpong merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 atau Tol Lingkar Luar Jakarta 2.

Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menuju Tangerang-Merak atau Serpong-BSD.

Diperkirakan sekitar 30.000 kendaraan akan melewati ruas tol ini saat beroperasi kelak. Dengan begitu, dapat memecah trafik sebagian dari mereka sehingga beban kendaraan berat pun bisa berkurang.

Tol Kunciran-Serpong terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 Kunciran-Parigi sepanjang 6,7 kilometer yang digarap oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 2 Parigi-Serpong sepanjang 4,4 kilometer yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO).

Pembangunan Tol Kunciran-Serpong dipastikan menelan dana sekitar Rp 2 triliun. Rinciannya, nilai kontrak Paket I Rp 1,4 triliun, sedangkan Paket II senilai Rp 600,3 miliar.

Sumber pendanaannya diusahakan sendiri oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) sebagai pemegang konsesi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X