Ruang Kerja Kementerian ATR akan Dibuat Senyaman "Coworking Space"

Kompas.com - 27/11/2019, 16:04 WIB
The Assemblage domino.comThe Assemblage

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menciptakan efektivitas dan efisiensi birokrasi, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra merencanakan transformasi menyeluruh di lingkungan kerja.

"Bentuk transformasi tersebut diterapkan pada dua sisi fisik, dan sumber daya manusia (SDM)," ujar Surya usai kunjungan kerja ke tiga kantor pertanahan di tiga kabupaten Soppeng, Pangkep, dan Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (26/11/2019).

Dia menuturkan, dari sisi transformasi fisik diawali dengan perubahan desain ruang kerjanya yang dirancang senyaman mungkin dengan mengadopsi konsep  coworking space

"Ruang kerja saya sebagai pilot project, nanti begitu jadi, akan diterapkan di seluruh kantor pertanahan dan kantor wilayah," sebut Surya.

Sebagaimana diketahui, coworking space  merupakan konsep ruang kerja bersama yang memungkinkan proses kolaborasi berlangsung secara efektif dan efisien, tanpa mengurangi unsur kenyamanan.

Baca juga: Surya Bentuk Special Vehicle Kejar 126 Juta Bidang Tanah Terdaftar

Coworking space menekankan pada keterbukaan dalam format 360 degrees. Tak ada sekat dalam interior ruangan, semua bisa melihat sesama karyawan, pekerja, atasan, dan bawahan secara jelas.

"Kalau pun masih diperluka ruang pertemuan untuk agenda khusus, akan dibuat juga secara khusus tanpa mengurangi makna transparansi. Kami ingin bekerja profesional, akuntabel, dan transparan. Semua orang bisa mengawasi," imbuh Surya.

Perubahan fisik ruang kerja ini, bukan tanpa alasan. Menurut Surya, hal ini sudah direkomendasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Selain itu, outcome yang dihasilkan pun akan meningkatkan produktivitas kerja, seperti komunikasi dan koordinasi antar-bagian tak lagi mengalami hambatan.

Dalam menerapkan transformasi ruang kerja ini, Surya mengadopsi kantor Nutrifood dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Desainer yang mengerjakan kantor mereka, sudah setuju dan sepakat mau membantu merancang kantor kami," kata Surya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X