Dubes RI Dorong Pengusaha Manfaatkan "Market Place" Alibaba

Kompas.com - 14/11/2019, 13:34 WIB
Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun Dokumentasi Kantor Berita AntaraDuta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun

HANGZHOU, KOMPAS.com -  Alibaba Group baru saja mencetak rekor nilai transaksi penjualan 11.11 Global Shopping Festival 2019 pada sesi penutupan, Selasa (12/11/2019) tepat pukul 00.00 waktu China Standard Time GMT +8.

Transaksi penjualan berbasis gross merchandise volume (GMV) di sejumlah platform belanja milik Alibaba Group, mencapai 268,4 miliar Renminbi, ekuivalen Rp 538,5 triliun, menjadikannya terbesar di dunia.

Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun, ini merupakan kesempatan besar bagi para pengusaha Indonesia untuk memasuki pasar China melalui platform market place Alibaba.

Dia meyakini, masa depan ekonomi dunia adalah ekonomi digital. Semua aspek akan terdigitalisasi, mulai dari kebutuhan akan produk, jenis produk, pemesanan, hingga tahap akhir pelayanan kepada konsumen.

Terlebih, perdagangan daring (e-commerce) China telah menyentuh angka 20 persen dari total ekonomi Nasional. 

Baca juga: 11.11, Pemimpin Muda, dan Karya 102 Tahun Alibaba

"Selain itu, tingkat konsumsi China tengah melonjak pesat. Mereka membutuhkan barang-barang impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya," ujar Djauhari kepada Kompas.com, Selasa (12/11/2019).

Ajang pesta belanja online ini harus dimanfaatkan pengusaha Indonesia untuk memasarkan produknya, sebagai sarana branding agar lebih dikenal masyarakat China, dan juga dunia.

Pasalnya, Alibaba Group punya big data dan infrastruktur teknologi informasi mumpuni yang dapat mendukung seluruh aktivitas perdagangan online.

Sejatinya, berbagai inisiasi untuk membantu pengusaha Indonesia menembus pasar China melalui platform e-commerce sudah dan sedang dilakukan Kedutaan Besar Indonesia melalui format Inacham atau Indonesia-China Chambers.

Merek popular asal Indonesia Tango ikut dipromosikan dalam acara gala sebelum Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 dimulai.Alibaba Group Merek popular asal Indonesia Tango ikut dipromosikan dalam acara gala sebelum Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 dimulai.
Beragam forum bisnis, pameran, dan pertemuan antar-pengusaha dengan raksasa-raksasa e-commerce, termasuk Alibaba Group, maupun start-up di berbagai kota juga terus menerus digelar. 

Hasilnya, Indonesia berhasil meyakinkan Alibaba untuk memperkenalkan lima produk di Tmall, salah satu market place Alibaba, dengan nama khusus Tmall Indonesia Pavilion.

Pavilion ini dibuka untuk lima merek yang dipilih pemerintah Indonesia agar dipromosikan khusus di Global Shopping Festival 11.11 tahun 2018.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X