Profil Singkat Surya Tjandra, Dosen Hukum Calon Wamen ATR/BPN

Kompas.com - 25/10/2019, 12:14 WIB
Surya Tjandra berbicara kepada wartawan usai menemui Presiden Joko Widodo terkait jabatan wakil menteri yang ditugaskan kepadanya Screen shoot Kompas TVSurya Tjandra berbicara kepada wartawan usai menemui Presiden Joko Widodo terkait jabatan wakil menteri yang ditugaskan kepadanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Surya Tjandra diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil.

Surya menjelaskan, tugas yang diberikan Presiden Jokowi adalah menyelesaikan masalah-masalah pertanahan.

Antara lain, tumpang tindih kepemilikan tanah, sertifikasi, konflik agraria, masyarakat yang tinggal di hutan, dan reformasi agraria.

Baca juga: Surya Tjandra Ditugaskan Membantu Sofyan Djalil di Bidang Pertanahan

"Dalam setahun, membantu menyiapkan penyelesaian masalah-masalah tersebut, harus dapat diselesaikan," cetus Surya usai dipanggil Jokowi, Jumat (25/10/2019).

Surya lahir di Jakarta, 28 Maret 1971, dari keluarga sederhana. Laman PSI.id menulis bahwa orangtua Surya merupakan pedagang ayam potong di Pasar Jatinegara, Jakarta.

Ia kemudian kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Surya lalu mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan hukum dalam program S2 di Universitas Warwick, Inggris, dan program S3 di Universitas Leiden, Belanda.

Surya punya kepedulian tinggi dengan isu kemiskinan dan ketidakadilan. Hal inilah yang mendorongnya untuk bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Selain sebagai pegiat hukum, dia juga menekuni profesi sebagai akademisi dengan menjadi Dosen Universitas Katolik (Unika) Atmajaya, Jakarta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X