Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, SMI Lebih Selektif hanya Biayai Proyek Tol di Perkotaan

Kompas.com - 11/10/2019, 11:22 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Edwin Syahruzad mengatakan, perseroan akan lebih selektif dalam menyalurkan pembiayaan dan investasi di proyek jalan tol.

Pasalnya, saat ini perseroan sudah cukup banyak menyalurkan pembiayaan pada proyek Tol Trans Sumatera dan Trans Jawa.

"Karena kalau mau bikin jalan tol luar Jawa dan Sumatera, di Sumatera aja butuh penambahan komitmen kepada PT Hutama Karya (persero)," kata Edwin saat diskusi dengan awak media, Kamis (10/10/2019).

Meski lebih selektif, bukan berarti perseroan akan menutup keran pembiayaan. Menurut Edwin, perseroan hanya akan menyalurkan pembiayaan pada proyek jalan berbayar yang memiliki kajian matang.

Baca juga: Tahun Depan, SMI Bidik Pertumbuhan Pembiayaan Infrastruktur 20 Persen

"Jadi kalau di luar pulau itu hanya di kota-kota saja untuk commercialy feasible," kata dia.

Sejauh ini, sudah ada beberapa proyek jalan tol yang telah didanai pembangunannya oleh SMI, seperti Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Terbanggi Besar di ruas Tol Trans Sumatera.

Selain itu, ada pula Tol Pejagan-Pemalang, Semarang-Solo, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Cikopo-Palimanan, dan Jakarta-Cikampek II, yang menjadi ruas Tol Trans Jawa.

Dari sejumlah proyek yang didanai, ia menambahkan, sebagian sudah mulai ada yang telah mengembalikan pinjaman. Hal itu menyusul telah beroperasinya proyek-proyek tersebut.

"Kita lihat, proyek infrastruktur sebagian jalan Tol Trans Jawa sudah bisa dirasakan, sudah mulai bailikin duit," tutup Edwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com