Tahun Depan, SMI Lebih Selektif hanya Biayai Proyek Tol di Perkotaan

Kompas.com - 11/10/2019, 11:22 WIB
Gerbang Tol Indralaya yang merupakan bagian dari Jalan Tol Palembang-Indralaya. Ruas tol ini akan tersambung dengan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim-Lubuk Linggau. Kompas.com/HILDA B ALEXANDERGerbang Tol Indralaya yang merupakan bagian dari Jalan Tol Palembang-Indralaya. Ruas tol ini akan tersambung dengan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim-Lubuk Linggau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Edwin Syahruzad mengatakan, perseroan akan lebih selektif dalam menyalurkan pembiayaan dan investasi di proyek jalan tol.

Pasalnya, saat ini perseroan sudah cukup banyak menyalurkan pembiayaan pada proyek Tol Trans Sumatera dan Trans Jawa.

"Karena kalau mau bikin jalan tol luar Jawa dan Sumatera, di Sumatera aja butuh penambahan komitmen kepada PT Hutama Karya (persero)," kata Edwin saat diskusi dengan awak media, Kamis (10/10/2019).

Meski lebih selektif, bukan berarti perseroan akan menutup keran pembiayaan. Menurut Edwin, perseroan hanya akan menyalurkan pembiayaan pada proyek jalan berbayar yang memiliki kajian matang.

Baca juga: Tahun Depan, SMI Bidik Pertumbuhan Pembiayaan Infrastruktur 20 Persen

"Jadi kalau di luar pulau itu hanya di kota-kota saja untuk commercialy feasible," kata dia.

Sejauh ini, sudah ada beberapa proyek jalan tol yang telah didanai pembangunannya oleh SMI, seperti Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Terbanggi Besar di ruas Tol Trans Sumatera.

Selain itu, ada pula Tol Pejagan-Pemalang, Semarang-Solo, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Cikopo-Palimanan, dan Jakarta-Cikampek II, yang menjadi ruas Tol Trans Jawa.

Dari sejumlah proyek yang didanai, ia menambahkan, sebagian sudah mulai ada yang telah mengembalikan pinjaman. Hal itu menyusul telah beroperasinya proyek-proyek tersebut.

"Kita lihat, proyek infrastruktur sebagian jalan Tol Trans Jawa sudah bisa dirasakan, sudah mulai bailikin duit," tutup Edwin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X