6 Kota Ini Bakal Disulap Jadi Metropolitan

Kompas.com - 07/10/2019, 14:43 WIB
Menikmati keindahan Jembatan Ampera di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (25/1/2019). KOMPAS.com/SHERLY PUSPITAMenikmati keindahan Jembatan Ampera di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (25/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam kota di luar Pulau Jawa akan dikembangkan menjadi kawasan metropolitan.

Satu di antaranya yaitu kawasan ibu kota negara (IKN) baru yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Passer Utara di Kalimantan Timur. 

Sedangkan lima lainnya yaitu Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan Denpasar.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, pengembangan kota-kota tersebut dalam rangka pemerataan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

“Dengan adanya pengembangan kota metropolitan diharapkan dapat menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi lebih besar pada peningkatan PDB Nasional,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

Berdasarkan kajian Bappenas, Basuki menjelaskan, setiap pertumbuhan satu persen penduduk perkotaan akan meningkatkan 1,4 persen PDB per kapita.

Baca juga: Ibu Kota Baru Harus Bisa Jadi Pilihan World Class Talent

Jumlah tersebut masih terbilang minim bila dibandingkan China dengan 1 persen pertumbuhan penduduk berkontribusi minimal 3 persen PDB per kapita maupun di Asia Timur dan Pasifik yang mencapai 2,7 persen.

"Artinya Indonesia belum cukup efisien dan produktif dibanding negara-negara tetangga," kata Basuki.

Dia menambahkan, pembangunan kota-kota di luar Pulau Jawa juga untuk melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yang telah membangun fondasi pembangunan l lebih tangguh, lebih produktif, dan merata.

Pondasi bagi pembangunan Indonesia-sentris, bukan Jawa-sentris, salah satunya dalam percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia. 

Basuki menuturkan, diperlukan pengelolaan urbaninsasi yang optimal agar investasi yang masuk lebih atraktif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X