Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2019, Jasa Marga Luncurkan KIK DINFRA Kedua

Kompas.com - 27/09/2019, 23:57 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana menerbitkan Dana Investasi Infrastruktur (DINFRA) dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) pada akhir tahun 2019.

Aset yang dijaminkan guna mendapat dana melalui skema investasi alternatif di pasar modal ini adalah Jalan Tol Semarang-Solo.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, kebutuhan dana dengan jaminan jalan bebas hambatan sepanjang 72,64 kilometer tersebut masih dihitung.

Baca juga: Bidik Rp 1 Triliun, Jasa Marga Lansir KIK DINFRA

"Selain memberikan kesempatan luas kepada masyarakat untuk berkontribusi membangun jalan tol, juga sekaligus sebagai upaya perseroan untuk memperbaiki struktur keuangan supaya lebih baik lagi," tutur Desi usai menjadi pembicara Seminar Kompas 100 CEO Update bertajuk Masa Depan Jalan Tol Indonesia, di BEI, Jakarta, Jumat (17/9/2019).

Aksi korporasi penerbitan KIK DINFRA merupakan kali kedua yang diterbitkan perseroan.

KIK DINFRA pertama diluncurkan pada 12 April 2019 dengan produk DINFRA Toll Road Mandiri-001 senilai Rp 423,5 miliar dengan aset yang dijaminkan Tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,61 kilometer.

Jasa Marga mengelola Tol Semarang-Solo melalui anak usaha PT Trans Marga Jateng. Tol ini menghubungkan Kota Semarang, Salatiga, dan Surakarta serta melewati 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo.

Pembangunan Jalan Tol Semarang–Solo membutuhkan investasi senilai Rp 6,1 triliun dengan biaya konstruksi Rp 2,4 triliun, dan biaya pengadaan tanah 800 miliar rupiah.

Konstruksi tol seksi I Semarang (Tembalang)-Ungaran dimulai pada awal tahun 2009. Seksi I (Semarang-Ungaran) telah beroperasi sejak 11 November 2011, sedangkan untuk seksi II Ungaran-Bawen sudah beroperasi sejak 4 April 2014.

Ada pun untuk Seksi III Bawen-Salatiga sudah beroperasi sejak 25 September 2017, sedangkan operasionalisasi Seksi IV Salatiga-Boyolali dan V Boyolali-Kartasura sejak 20 Desember 2018.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com