40 Persen Kendaraan Pribadi Diyakini Pindah ke Tol Layang

Kompas.com - 19/09/2019, 15:00 WIB
Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) KOMPAS.COM/DANI PRABOWOTol Jakarta-Cikampek II (Elevated)

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) diyakini akan mengurangi kemacetan cukup signifikan di ruas tol eksisting. Tol layang sepanjang 36,4 kilometer ini ditargetkan beroperasi November 2019. 

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit, hampir 80 persen kendaraan yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek adalah kendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi.

Ia berharap, kendaraan tersebut nantinya bersedia beralih ke tol layang agar dapat berjalan lebih lancar.

Baca juga: Basuki Pastikan Tol Layang Terpanjang di Indonesia Beroperasi November

"Harapan kami ini kan market terbesar Golongan I. Dari 80 persen separuh atau 40 persen bisa ke atas, separuh bisa ke bawah terbagi dua," kata Danang saat meninjau proyek, Kamis (19/9/2019).

Untuk mendorong minat masyarakat menggunakan tol tersebut, saat ini BPJT tengah menyusun skema tarif yang akan diberlakukan.

Selain, pada saat yang sama traffic management diterapkan dengan melarang truk bertonase besar untuk melintasinya, agar lebih lancar. 

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis, jalan tol eksisting dapat lebih lancar dengan kehadiran tol layang ini.

"Karena nanti traffic management-nya, beban berat, truk, hanya di bawah. Di sini (atas) mobil Golongan I dan Golongan II," ujarnya.

Baca juga: Truk Bakal Dilarang Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek

Sejauh ini, Kementerian PUPR telah membahas terkait rencana penrapan kebijakan tersebut dengan BPJT, Korps Lalu Lintas Polri dan Kementerian Perhubungan, guna mencari cara yang lebih efisien agar jalan tol eksisting lebih lancar.

"Untuk safety, karena truk kan pelan, berat. Kalau konstruksinya mampu. Karena nanti saat uji beban dengan minimal 16 truk, dengan kekuatan masing-masing 40 ton," tuntas Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X