Truk Bakal Dilarang Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 19/09/2019, 14:00 WIB
Tol Jakarta-Cikampek II Elevated PT Waskita Karya (Persero) TbkTol Jakarta-Cikampek II Elevated

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengusulkan agar kendaraan bertonase besar tidak boleh melintasi Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Alasannya, kendaraan jenis ini kerap membawa muatan melebihi beban kapasitas yang diperbolehkan atau over dimension over load (ODOL).

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, kendaraan truk besar dengan tiga gandar lebih kerap berjalan lambat karena memuat barang yang melebihi kapasitas di jalan tol

"Kalau boleh saran, secara kapasitas strukturnya dia mampu untuk golongan manapun. Cuma dari sisi safety, karena truk kan jalannya pelan, kadang-kadang ban pecah dan seterusnya. Kami mengusulkan hanya kendaraan Golongan I yang boleh ke atas," kata dia di lokasi proyek, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: 9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Usulan ini, imbuh Desi, diharapkan dapat dilakukan paling tidak sampai tidak ada lagi truk yang ODOL.

"Jadi traffic management-nya, bukan kekuatan jalannya. Kekuatan jalannya untuk semua golongan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono setuju dengan usulan tersebut.

Baca juga: Tarif Tol Layang Terpanjang di Indonesia Sekitar Rp 1.700-Rp 2.000 Per Kilometer

Menurut dia, usulan ini akan dibahas antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Korps Lalu Lintas Polri dan Kementerian Perhubungan. 

"Ini traffic management untuk beban berat, truk, hanya di bawah. Di sini hanya kendaraan Golongan I, maksimal Golongan II," ujarnya.

Meski demikian, Basuki memastikan, bahwa secara konstruksi tol layang terpanjang di Indonesia ini cukup aman untuk dilalui truk hingga Golongan V. 

Sebab, nantinya pada saat proses uji beban pun akan dilakukan dengan menggunakan 16 truk dengan muatan masing-masing mencapai 40 ton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X