Tarif Tol Layang Terpanjang di Indonesia Sekitar Rp 1.700-Rp 2.000 Per Kilometer

Kompas.com - 19/09/2019, 11:41 WIB
Tol Jakarta-Cikampek II Elevated PT Waskita Karya (Persero) TbkTol Jakarta-Cikampek II Elevated

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) diperkirakan dapat beroperasi lebih cepat dari rencana. Semula, tol sepanjang 36,4 kilometer ini akan dibuka fungsional saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. 

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan operasionalisasi tol layang terpanjang di Indonesia dapat dilakukan pada November 2019.

"Insya Allah November bisa kita operasikan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Basuki saat meninjau lokasi proyek, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Tantangan Berat Bangun Tol Layang Terpanjang, Mulai dari Macet hingga SUTET

Basuki mengaku, hingga kini belum dapat menentukan berapa tarif yang akan dibebankan kepada masyarakat ketika ruas tersebut beroperasi.

Namun, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan, tarif yang ditentukan tidak akan keluar dari batas atas dan batas terendah yang diusulkan badan usaha jalan tol (BUJT), PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC),dalam dokumen perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

Baca juga: 9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

"Kalau tidak salah usulannya antara Rp 1.700 sampai Rp 2.000 per kilometer. Ini nanti akan kita rebalancing dengan yang di bawah (Tol Jakarta-Cikampek eksisting)," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini progres konstruksi jalan tol layang ini telah mencapai 96,5 persen.

BUJT sendiri menargetkan proses uji beban dapat dilakukan mulai 23 September 2019 untuk mengejar operasionalisasi pada November mendatang. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X