Tol Bawen-Yogyakarta Bakal Dilengkapi Terowongan

Kompas.com - 17/09/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi menyetir melewati terowongan. SHUTTERSTOCKIlustrasi menyetir melewati terowongan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Bawen-Yogyakarta menjadi salah satu proyek yang direncanakan dapat dilelang pada tahun 2019. Jalan tol yang dirancang sepanjang 77 kilometer ini akan dilengkapi dengan terowongan. 

"Ke depan, kami akan membangun Jalan Tol Bawen-Yogyakarta. Ini juga harus ada terowongannya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di kantornya, Senin (16/9/2019).

Selain dapat memperpendek jarak, pembangunan terowongan juga untuk menjaga kondisi alam di sekitar lokasi proyek tetap lestari. 

Baca juga: Ini Alasan Perlunya Terowongan di Tol Cisumdawu dan MRT

Dengan demikian, masyarakat yang melewati jalan tol dengan perkiraan investasi sekitar Rp 12,13 triliun ini, tetap dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya. 

"Karena kalau tidak pasti akan merusak lingkungan. Karena di sana itu topografinya pegunungan jadi harus membuat terowongan," ungkap Basuki.

Kendati demikian, Basuki menyatakan, hingga kini belum ditentukan lokasi pasti terowongan tersebut berada. Sebab, kajian atas trase masih terus dilakukan. 

Baca juga: Trase Tol Bawen-Yogyakarta Sudah Ditetapkan

"Nanti tinggal desainnya kayak apa. Kalau biasanya dibelak-belokan, ini ada shortcut-nya," tuntas Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X