Juri Asing Bakal Nilai Sayembara Desain Ibu Kota

Kompas.com - 12/09/2019, 21:00 WIB
Foto aerial bekas tambang batu bara di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Kementerian LHK akan memperbaiki lubang-lubang bekas tambang di kawasan calon ibu kota negara baru. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYFoto aerial bekas tambang batu bara di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Kementerian LHK akan memperbaiki lubang-lubang bekas tambang di kawasan calon ibu kota negara baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan orang juri akan disiapkan sebagai penilai dalam sayembara desain ibu kota baru yang akan dilangsungkan pemerintah dalam waktu dekat. 

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono menerangkan, para juri itu terdiri dari kalangan praktisi, akademisi, hingga birokrat. 

Tak hanya dari dalam negeri, para juri yang dipilih juga berasal dari mancanegara. 

"Jadi campur dalam dan luar supaya lebih komprehensif," kata Hadi menjawab Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Sayembara Desain Ibu Kota Baru Segera Digelar

Menurut Hadi, mayoritas juri akan berasal dari kalangan yang memiliki latar belakang arsitek. 

"Karena, ini bukan hanya mengenai urban planning, tapi juga urban design. Itu fokus arsitektur adanya di situ," imbuh Hadi.

Lebih lanjut, ia menuturkan, para juri tak hanya merumuskan term of reference (TOR) berdasarkan basic design atas konsep yang telah disiapkan pemerintah, tetapi juga time table yang akan dilalui.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sayembara dilakukan dua tahap.

Tahap pertama dilakukan untuk level nasional guna memilih tiga desain terbaik. Tahap berikutnya, ketiga desain itu dibawa ke sayembara level internasional.

Baca juga: Asing Ikut Mendesain Ibu Kota Demi Tingkatkan Mutu Perencana Lokal

Para urban planner tingkat dunia yang ikut berpartisipasi harus merancang berdasarkan basic design tiga desain terbaik yang memenangi sayembara pada kancah nasional.

Hal itu dilakukan untuk saling melengkapi konsep yang ada sehingga dihasilkan sebuah desain komprehensif.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X