Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Binjai-Langsa Bakal Telan Investasi Rp 9 Triliun

Kompas.com - 06/09/2019, 16:23 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) telah melayangkan dokumen rencana pembangunan ruas Tol Binjai-Langsa yang menjadi bagian dari Jalan Tol Aceh-Medan, ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan tol yang dirancang sepanjang 90 kilometer ini diprediksi bakal menelan investasi senilai Rp 9 triliun. 

"Hitungan kasarnya begini, biaya per kilometer kalau di atas tanah atau at grade itu Rp 100 miliar. Dikalikan 90 kilometer yang Rp 9 triliun buat kebutuhan konstruksi," kata Kepala Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya Agung Fajarwanto menjawab Kompas.com, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Mulai Bayar Utang, Hutama Karya Patok Pertumbuhan Laba Moderat

Meski demikian, penghitungan investasi ini belum final. Sebab, masih ada sejumlah komponen biaya lain yang belum diperhitungkan, seperti perencanaan, pengawasan, overhead hingga interest during construction (IDC).

Fajar menuturkan, saat ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih mengkaji usulan dokumen perencanaan yang telah diserahkan HK. Pengkajian tersebut meliputi aspek teknis hingga non teknis. 

Aspek teknis meliputi pekerjaan konstruksi yang hendak dilakukan. Misalnya, apakah nantinya seluruh trase akan berada di atas tanah atau ada beberapa yang dibangun melayang (elevated). 

Jenis konstruksi yang diadopsi nantinya turut memengaruhi besar kecilnya kebutuhan anggaran. 

"Misalnya interchange (IC) bener enggak bangunan sekian. Yang mengkaji itu Bina Marga. Setelah jadi, kita ada pembicaraan, pembahasan bersama," sebit Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com