Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Jalan Tol Purbaleunyi, Lokasi Tabrakan Beruntun Hari Ini

Kompas.com - 02/09/2019, 16:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Senin (2/9/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, telah terjadi tabrakan beruntun di KM 91 Tol Purwakarta-Bandung-Padalarang-Cileunyi (Purbaleunyi) segmen Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

Mengutip laman resmi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, jalan tol ini dirancang sepanjang 122,9  kilometer yang mendekatkan jarak Kota Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi selaku pengelola, pada awalnya mengoperasikan ruas Tol Padalarang-Cileunyi sepanjang 58,5 kilometer sejak 1991.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Purbaleunyi, Contraflow Diberlakukan

Pada tahun 2005, bersamaan dengan operasionalisasi ruas Cipularang sepanjang 64,4 kilometer, menjadikan Jalan Tol Purbaleunyi salah satu yang terpanjang di Indonesia.

Jalan Purbaleunyi, terutama ruas Cipularang, merupakan jalan tol panoramik, karena dikelilingi pemandangan alam indah memesona.

Selain menjadi penghubung Jakarta-Bandung, jalan tol yang melintasi berbagai bukit dan jurang ini menawarkan nilai pariwisata yang tinggi.

Masjid Al Safar yang berada di Rest Area KM 88 B Tol PurbaleunyiCoorporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Masjid Al Safar yang berada di Rest Area KM 88 B Tol Purbaleunyi
Oleh karena itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi membangun sejumlah rest area atau tempat istirahat yang bisa dimanfaatkan pengendara untuk rehat sekaligus menikmati panorama alam.

Berikut fakta tentang Tol Purbaleunyi:

1. Panjang 122,9 Kilometer

Jalan Tol Purbaleunyi dirancang sepanjang 122,9 kilometer yang mencakup dua seksi yakni Ruas Cipularang yang membentang 64,4 kilometer, dan ruas Purbaleunyi sepanjang 58,5 kilometer.

2. Transaksi

Jalan Tol Purbaleunyi menggunakan Sistem tertutup, di mana pengguna jalan mengambil tiket di gerbang tol (GT) masuk dan membayar di gerbang keluar.

3. Gerbang Tol

Jalan tol ini dilengkapi 10 gerbang tol (GT) yakni GT Purwakarta Utara, GT Jatiluhur, GT Padalarang Timur, GT Baros/Cimahi, GT Pasteur, GT Pasir Koja, GT Kopo, GT Mohammad Toha, GT Buahbatu, dan GT Cileunyi.

4. Kartu Tanda Masuk Elektronik Pertama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com