PP Berencana Melego Dua Konsesi Jalan Tol

Kompas.com - 25/08/2019, 13:14 WIB
Pintu gerbang Singosari di Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno Dok. PT Jasamarga Pandaan MalangPintu gerbang Singosari di Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk berencana melepas kepemilikan konsesi dua jalan tol milik mereka, yakni Tol Pandaan-Malang dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. 

"Kami usahakan dua, kalau tidak bisa satu," kata Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Lukman Hidayat menjawab Kompas.com di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dalam komposisi saham PT Jasamarga Pandaan Malang, PP memegang saham sebesar 35 persen. Namun, perseroan tidak akan menjual seluruh porsi kepemilikan saham tersebut.

"Kemungkinan hanya 20-25 persen saja," sebut Lukman.

Baca juga: PP Harap Keputusan Lokasi Ibu Kota Keluar September 2019

Sejauh ini, pihaknya telah membangun komunikasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pemegang saham mayoritas terkait rencana pelepasan konsesi ini. Namun, Lukman tak menutup kemungkinan untuk melepas saham yang dimiliki ke pihak lain.

"Kalau Jasa Marga setuju ya, kalau tidak kita punya opsi untuk jual ke pihak lain," ungkapnya.

Hal senada juga berlaku untuk ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang dikelola PT Jasamarga Kualanamu Tol.

Dari total kepemilikan saham sebesar 15 persen, PP berencana menyisakan sedikit saham di perusahaan.

Lukman menargetkan, dari hasil divestasi ini perseroan bisa mengantongi Rp 400 miliar untuk menambah arus kas hingga akhir tahun.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X