Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tarif Tol Dalam Kota, Jagorawi, dan Jakarta-Tangerang Naik

Kompas.com - 22/08/2019, 10:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tarif tiga ruas tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk segera naik. Ketiganya ialah Tol Dalam Kota, Tol Jagorawi, dan Tol Jakarta-Tangerang.

Kenaikan terakhir terjadi pada 2017. Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Jasa Marga selaku badan usaha jalan tol (BUJT) berhak mendapatkan penyesuaian tarif sepanjang memenuhi standar pelayanan minimum (SPM).

"Beberapa ruas sebetulnya by schedule seperti Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Dalam Kota (harusnya mengalami kenaikan)," kata Direktur Keuangan Jasa Marga Dony Arsal di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyatakan, sejauh ini pihaknya baru mengajukan dokumen penyesuaian tarif untuk ruas Jagorawi.

Baca juga: Berlaku 9 Agustus, Berikut Rincian Tarif Tol Pandaan-Malang

"Sudah ada yang diajukan juga, kan kami lihat jadwalnya, antara lain yang sudah diajukan Jagorawi. Kami lagi nunggu evaluasi BPJT," kata dia.

Saat ini, evaluasi kenaikan tarif masih dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Hanya, ia memastikan, besaran kenaikan tarif akan mempertimbangkan tingkat inflasi yang berlaku untuk setiap daerah dalam dua tahun terakhir.

"Yang jelas sesuai tingkat inflasi, datanya kami dapat dari BPS," ucap Heru.

Untuk diketahui, Tol Jagorawi terakhir mengalami kenaikan pada 8 September 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 692/KPTS/M/2017. Dalam SK tersebut juga diatur perubahan transaksi di ruas tol pertama di Indonesia ini. 

Tarif yang berlaku untuk kendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi untuk jarak terjauh sebesar Rp 6.500.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com