Easton Urban Kapital "Ngotot" Jual Konsep Rumah Tumbuh di Palembang

Kompas.com - 20/08/2019, 19:13 WIB
Florista Garden merupakan perumahan pertama Easton Urban Kapital dengan konsep rumah tumbuh di Palembang. Dok Easton Urban Kapital Florista Garden merupakan perumahan pertama Easton Urban Kapital dengan konsep rumah tumbuh di Palembang.
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan mulai ada perumahan dengan konsep rumah tumbuh yang dijual oleh pengembang properti di Indonesia. Teorinya adalah, mereka yang ingin punya rumah namun terbatas ekonominya, rumah tumbuh dapat menjadi solusi hunian yang dapat mereka kembangkan di kemudian hari.

Namun, yang terlihat sekarang, banyak developer belum merencanakan dengan baik konsep rumah tumbuh yang mereka jual. Terkesan, konsep rumah tumbuh masih merupakan gimmick pemasaran.

"Belum direncanakan dengan baik konsep rumah tumbuh yang dijual. Sepertinya pengembang itu hanya menjual rumah kecil di tanah besar, dengan teori lahan yang luas itu bisa digunakan untuk ekspansi," kata William Liusudarso, Direktur dari PT Easton Urban Kapital, Selasa (20/8/2019), saat memaparkan proyek terbesarnya di Palembang, Sumatera Selatan. 

Di Palembang ini, lanjut William, dia sedang mempersiapkan proyek di lahan seluas 3 hektar, yakni Florista Garden, sebagai perumahan pertama Easton dengan konsep rumah tumbuh.

Ada 166 unit rumah dua lantai yang terdiri dari 3 tipe, yakni tipe Alba dengan luas tanah 84 meter persegi, Breva dengan 105 meter persegi, serta Calia dengan 120 meter persegi. Ketiga tipe ini memiliki layout ruangan berbeda dan masing-masing sudah dirancang versi extended atau perluasannya.

"Pembeli bisa memilih versi standar maupun versi extended. Kalau pilih versi standar, mereka akan diberikan panduan agar ketika suatu hari mau melakukan ekspansi mereka dapat melakukannya dengan mudah tanpa mengurangi kualitas ruang yang sudah ada," papar William.

Dia mengingatkan bahwa seringkali pengembangan rumah dilakukan tanpa memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan alami sehingga menyebabkan penurunan kualitas yang berdampak pada pemakainya. Hal itulah yang ingin dia hindari, karena dirinya percaya bahwa kualitas, kesehatan, dan kenyamanan setiap ruangan di rumah itu penting dan tidak boleh dikorbankan.

William menambahkan bahwa adanya desain untuk ekspansi yang dicanangkan dari awal juga memungkinkan renovasi dilakukan tanpa melakukan pembongkaran terlalu banyak yang tentunya akan berpengaruh pula pada biaya yang harus dikeluarkan pemilik rumah.

Dijual mulai Rp 600 jutaan, proyek Florista Garden ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kolam renang, taman bermain anak, ruang multiguna, dan outdoor gym. Proyek ini akan diluncurkan pada akhir 2019 mendatang.

Sebelumnya, Easton Urban Kapital sudah lebih dulu merampungkan proyeknya di Jabodetabek. Di Duren Sawit pengembang ini menyulap gudang tua yang sudah lama ditinggalkan menjadi ruko dengan desain menarik.

Di kawasan Pondok Cabe, Easton juga mengubah sebidang tanah terpencil menjadi perumahan modern bernama Cornerstone House. Melanjutkan suksesnya, pada 2019 ini Easton Urban Kapital akan mengembangkan tiga proyek di Jabodetabek dan satu proyek terbaru di Palembang.

"Di setiap proyek itu kami ingin selalu improve, baik kualitas pembangunan maupun desain. Kami selalu ajak tim arsitek untuk keluar dari zona nyaman mereka, terus mengulik desain baru yang lebih efisien dan menarik," tambah William.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X