Cesar Pelli, Arsitek Menara Kembar Petronas Tutup Usia

Kompas.com - 21/07/2019, 10:29 WIB
Arsitek kenamaan asal Argentina, Cesar Pelli.Dezeen Arsitek kenamaan asal Argentina, Cesar Pelli.

KOMPAS.com - Arsitek kenamaan asar Argentina, Cesar Pelli, meninggal dunia pada usia 92 tahun. Pelli-lah yang merancang sejumlah bangunan terkenal di dunia, salah satunya Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dilansir Kompas.com dari Dezeen, Minggu (21/7/2019), Pelli merupakan seorang arsitek senior prinsipal pada biro Pelli CLarke Pelli Architects.

Kabar kepergiannya pun membawa duka bagi dunia arsitektur. Sejumlah tokoh pun ramai mengucapkan bela sungkawa atas kematiannya.

"Sejumlah gedung rancangannya telah menjadi warisan dunia, dan bagi Argentina ini adalah sebuah kebanggaan," tulis Presiden Argentina Mauricio Macri lewat akun Twitternya.

Baca juga: Menara Petronas hingga Salesforce Tower, Karya Mendiang Cesar Pelli

Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menggambarkan Pelli sebagai seorang arsitek hebat.

Adapun pengamat arsitektur, Paul Goldberger menambahkan, Pelli memiliki peran penting di dalam pengembangan arsitektur pencakar langit.

"Sangat sedih mendengar kepergiannya. Dia adalah seorang pria yang lembut dan ramah, beradab dalam kehidupan dan karyanya, serta seorang arsitek yang bermartabat tinggi dalam mengembangkan kreativitas," ucap Goldberger.

Pelli lahir pada tahun 1926 di Tucumán, Argentina utara. Ia belajar arsitektur di Universidad Nacional de Tucumán sebelum pindah ke Amerika Serikat untuk kuliah di University of Illinois School of Architecture.

Setelah lulus, Pelli bergabung dengan studio Eero Saarinen, dimana ia bekerja selama sepuluh tahun pada proyek-proyek termasuk Terminal TWA di Bandara JFK, yang baru-baru ini dibuka kembali sebagai hotel.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X