Cara Hemat Berburu Kantor untuk Bisnis

Kompas.com - 25/06/2019, 13:15 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Memilih ruang kantor menjadi salah satu persoalan. Tuntutan produktivitas dan kreatifitas seharusnya memang ditunjang dengan lingkungan bekerja yang nyaman.

Namun memilih ruang kerja yang nyaman untuk usaha tak hanya soal harga sewa, beberapa hal lain seperti kenyamanan dan lokasi juga harus dipertimbangkan.

Jika Anda baru memulai usaha, berikut tips memilih ruang kantor yang nyaman seperti dilansir dari Forbes:

Berhenti mencari yang sempurna

Sebelum memutuskan untuk mencari ruang kantor, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengidentifikasi prioritas utama perusahaan.

Seringkali, Anda tidak dapat memiliki semuanya, jadi penting untuk menentukan apa yang paling penting bagi Anda dan perusahaan.

Ruang kantor yang sempurna tidak ada. Buat daftar hal-hal penting yang harus ada di ruang kantor Anda dan beri peringkat dari semua pilihan yang ada.

Jeremy Brandt dari Fast Home Offer menyarankan untuk bersikap praktis dan jangan membuang waktu untuk mencari ruang kantor yang sempurna, terutama untuk bisnis kecil.

"Saya melihat banyak perusahaan membuang banyak uang pada kantor mewah yang merusak profitabiltas mereka, dan kemudian pindah 12 bulan kemudian ketika mereka sudah tumbuh," ujar Brandt.

Ilustrasi ruang kerjaDok IKEA Business Ilustrasi ruang kerja
Berada dekat dengan pelanggan

Kebanyakan orang melewati kriteria ini karena mereka tidak berada di bisnis ritel. "Identifikasi siapa pelanggan Anda dan di mana sebagian besar dari mereka berada," ujar Sam Grooms dari WhiteHaven Capital.

Hemat biaya

Pertahankan biaya seminimal mungkin meskipun itu berarti berbagi meja dengan seseorang atau bekerja dari lorong.

Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah membelanjakan uang untuk kantor dan furnitur mewah. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan ruang kerja bersama di mana Anda tidak terikat pada sewa komersial.

Ruang kerja bersama atau ruang komunal mulai digandrungi oleh berbagai perusahaan rintisan. Di tempat ini, Anda dapat menemukan mitra bisnis dan pemilik usaha kecil lainnya serta bisa berbagai informasi hingga melakukan kerja sama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X