Lebaran 2020, Tol Cimanggis-Cibitung Siap Beroperasi

Kompas.com - 24/06/2019, 15:28 WIB
Tol Cimanggis-CibitungDokumentasi Waskita Toll Road Tol Cimanggis-Cibitung

JAKARTA, KOMPAS.com -  Lebaran 2020 mendatang Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dapat beroperasi dan siap dilintasi pemudik.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto memastikan hal tersebut kepada Kompas.com, Senin (24/6/2019). 

Menurut Herwidiakto, saat ini perkembangan fisik konstruksinya sudah mencapai 86,8 persen untuk Seksi 1A. Sedangkan Seksi 2 tembus 40,15 persen.

"Insya Allah, kami harapkan pembangunan fisik selesai dan dapat beroperasi pada 2020. Jelang Lebaran sudah bisa digunakan," kata Herwidiakto.

Baca juga: Siapkan Belanja Modal Rp 25 Triliun, Waskita Jor-joran Bangun Tol

Tol Cimanggis-Cibitung dirancang dengan trase sepanjang 26,47 kilometer yang dibagi menjadi 2 seksi.

Seksi 1 sepanjang 3,5 kilometer menghubungkan Cimanggis hingga Transyogie, Kabupaten Bekasi. Sementara, seksi II yaitu dari Trasnyogi hingga Cibitung sepanjang 22,8 kilometer.

Pembangunan jalan tol ini membutuhkan 2.189 bidang tanah dengan luas total 1.522.722 meter persegi.

Herwidiakto menjelaskan, terdapat 7 pintu masuk dan keluar pada jalan tol ini yakni simpang susun (SS) Cimanggis, On/Off Transyogie, SS Cikeas, SS Narogong, SS Setu Selatan, SS Setu Utara, dan On/Off Cibitung.

Selain itu, secara struktur, jalan tol ini memiliki 13 struktur jembatan, 19 Struktur overpass, 23 struktur underpass, 1 struktur pileslab, dan 3 ttruktur elevated.

Untuk merealisasikan Tol Cimanggis-Cibitung, PT Waskita Toll Road mengalokasikan investasi senilai Rp 3,5 triliun.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X