Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Sambil Berwisata Lewat Pansela Jawa

Kompas.com - 03/06/2019, 10:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PALIMANAN, KOMPAS.com - Ingin perjalanan mudik Anda nyaman, menyenangkan, bebas bosan, dan berkesan? Cobalah Lintas Selatan Jawa atau biasa disebut sebagai Jalur Pantai Selatan (Pansela).

Jalur Pansela Jawa merupakan satu dari tiga pilihan jalur yang bisa dilintasi untuk arus mudik di sepanjang jalan Trans-Jawa pada tahun ini. Dua lainnya yaitu lintas utara Jawa, dan lintas tengah Jawa.

Jalur ini dirancang sepanjang 1.647 kilometer, dengan kondisi aktual tersambung sekitar 1.267 kilometer dan lebar jalan dibuat antara 5 meter sampai 7 meter.

"Silakan pemudik memanfaatkan jalur ini, karena sekarang kualitasnya sudah lebih baik," ujar Danang kepada Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com, Sabtu (1/6/2019).

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Dalam laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pansela terbentang mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur.

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.
Jika dihitung dari ujung barat Pulau Jawa, yaitu Pelabuhan Merak, Banten, dan berakhir di ujung timur Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi, ada 23 kabupaten yang dilintasi para pemudik.

Tak hanya kondisi jalan yang berkualitas dan mulus, di sepanjang jalur ini juga terdapat berbagai destinasi, dan obyek wisata yang dapat memanjakan, dan menyegarkan mata.

Berikut rekomendasinya:

Pansela Jawa Barat

Terdapat Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi. Ada juga Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama.

Kemudian di Kabupaten Cianjur ada Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang; dan Jembatan Cilaki, ruas jalan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut.

Masuk ke Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya di ruas jalan Rancabuaya; Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun;

Jalur Pansela JawaKementerian PUPR Jalur Pansela Jawa
Di Kabupaten Pangandaran ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran; dan Pantai Pangandaran yang juga berada di ruas jalan yang sama.

Lalu di Kabupaten Tasikmalaya terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah.

Pansela Jawa Tengah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com