Salin Artikel

Mudik Sambil Berwisata Lewat Pansela Jawa

Jalur Pansela Jawa merupakan satu dari tiga pilihan jalur yang bisa dilintasi untuk arus mudik di sepanjang jalan Trans-Jawa pada tahun ini. Dua lainnya yaitu lintas utara Jawa, dan lintas tengah Jawa.

Jalur ini dirancang sepanjang 1.647 kilometer, dengan kondisi aktual tersambung sekitar 1.267 kilometer dan lebar jalan dibuat antara 5 meter sampai 7 meter.

"Silakan pemudik memanfaatkan jalur ini, karena sekarang kualitasnya sudah lebih baik," ujar Danang kepada Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com, Sabtu (1/6/2019).

Dalam laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pansela terbentang mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur.

Tak hanya kondisi jalan yang berkualitas dan mulus, di sepanjang jalur ini juga terdapat berbagai destinasi, dan obyek wisata yang dapat memanjakan, dan menyegarkan mata.

Berikut rekomendasinya:

Pansela Jawa Barat

Terdapat Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi. Ada juga Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama.

Kemudian di Kabupaten Cianjur ada Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang; dan Jembatan Cilaki, ruas jalan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut.

Masuk ke Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya di ruas jalan Rancabuaya; Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun;

Lalu di Kabupaten Tasikmalaya terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah.

Pansela Jawa Tengah

Ada empat kabupaten di Jawa Tengah di sepanjang pansela yang memiliki obyek wisata menarik. 

Keempat kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Wonogiri.

Masing-masing kabupaten menyuguhkan pemandangan pantai yang tidak kalah indahnya dari daerah lain.

Lanjut ke Kabupaten Purworejo, pemudik bisa menikmati indahnya Pantai Jetis dan Pantai Jatimalang. Berikutnya, ada Pantai Nampu dan Waduk Gajahmungkur di Kabupaten Wonogiri.

Pansela Yogyakarta

Ada 36 obyek wisata pantai yang berada di wilayah Provinsi DIY, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul.

Di Kabupaten Kulon Progo terdapat tiga pantai, yaitu Pantai Congot, Pantai Glagah, dan Pantai Trisik.

Kemudian, di Kabupaten Bantul, pemudik bisa menikmati suguhan keindahan tujuh pantai, yaitu Pantai Baru, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis.

Secara rinci yaitu Pantai Kesirat, Pantai Gesing, Pantai Ngulen, Pantai Ngedan, Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, Pantai Torohudan, Pantai Ngrawah, Pantai Baron, dan Pantai Kukup.

Berikutnya, ada Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sadranan, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Seruni, Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor.

Kemudian Pantai Siung, Pantai Watulumbung, Pantai Wediombo, Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Sadeng.

https://properti.kompas.com/read/2019/06/03/100814421/mudik-sambil-berwisata-lewat-pansela-jawa

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.