"One Way" Diperpanjang Hingga GT Kalikangkung Batang-Semarang

Kompas.com - 01/06/2019, 14:08 WIB
Foto udara kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di malam hari di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-4 siang hari terpantau padat merayap. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGFoto udara kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di malam hari di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-4 siang hari terpantau padat merayap.

KARAWANG, KOMPAS.com - Atas diskresi Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas), PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperpanjang sistem satu arah atau one way  di Jalan Tol Trans-Jawa.

Perpanjangan one way berlaku mulai dari KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang sejak pukul 11.30 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peningkatan volume lalu lintas kendaraan menuju ke arah Timur sejak Sabtu (1/6/2019) dini hari, menyebabkan kemacetan di beberapa titik.

Sebelum one way dilaksanakan, terpantau antrean kendaraan dari ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tembus hingga GT Cikampek Utama yang mayoritas disebabkan oleh antrean di titik-titik jelang rest area.

Baca juga: Hari Ketiga One Way, Tol Trans-Jawa Bakal Dipenuhi Pemudik ASN

Pemberlakuan one way diputuskan dengan terlebih dahulu memastikan jalur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

Saat ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan masih terpantau padat di beberapa titik, terutama menjelang rest area.

Menurut GM PT Jasamarga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman, penerapan one way  sangat efektif menguras antrean karena kapasitas jalan meningkat 100 persen.

Begitu juga dengan kapasitas barrier gate  seperti di GT Cikampek Utama (Cikatama) dan rest area pada segmen jalan yang dilalui one way meningkat 100 persen.

"Seperti kasus kepadatan tadi malam di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang tembus ekor antreannya sampai Cikatama langsung lancar dalam hitungan menit," tutur Raddy kepada Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Dia melanjutkan, kapasitas transaksi di GT Cikatama juga meningkat drastis dengan dioperasikannya gardu secara maksimal sebanyak 29 unit dari sebelumnya 19 unit.

Selain one way, Jasa Marga juga menerapkan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yaitu di titik awal KM 34+800 sampai dengan KM 70 yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.