Tarif Sewa Puluhan Juta Rupiah, "Rest Area" KM 429 A Terisi Penuh

Kompas.com - 31/05/2019, 22:11 WIB
Kondisi rest area KM 429 Tol Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019) Kompas.com/HILDA B ALEXANDERKondisi rest area KM 429 Tol Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019)

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo, bisa bernafas lega.

Pasalnya, pendapatan yang mereka peroleh tak hanya berasal dari tarif tol, juga non-tarif tol. Terutama dalam bentuk penyewaan ruang di  rest area atau tempat istirahat,

Menurut Direktur Utama TMJ David Wijayatno, seluruh rest area di jalan tol sepanjang 72,64 kilometer penuh terisi.

Berbagai peritel dengan bisnis aneka ragam, membuka gerainya di sini. Sebut saja, Starbucks, Indomaret, Telkomsel, Alfamart, Tong Djie, Diler Mitsubishi, dan lain-lain.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

"Kami memiliki tempat istirahat di KM 429 A, KM 456 A, dan KM 487 A. Yang terbesar ada di KM 429 A. Seluruhnya penuh terisi," kata David menjawab Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com, Jumat (31/5/2019).

Khusus rest area di KM 429 A, David melanjutkan, TMJ menggandeng PT Lingga Jati sebagai pengelola sekaligus pemilik konsesi penyewaan area ritel.

Kondisi rest area KM 429 Tol Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019)Kompas.com/HILDA B ALEXANDER Kondisi rest area KM 429 Tol Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019)
Skema kerja sama yang ditempuh adalah bagi hasil dari seluruh keuntungan dengan porsi TMJ sekitar 10 persen.

"Kerja sama ini berlangsung dalam kurun waktu tertentu, sekitar 5 tahun. Setelah itu, kami evaluasi kembali," imbuh David. 

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, untuk membuka satu gerai di KM 429 A, biaya sewa yang harus dikeluarkan mencapai puluhan juta rupiah.

Diler Toyota Nasmoco Kaligawe yang membuka posko mudik, contohnya. Menurut Assistant Service Section Head GRP Bayu Prasetya, Nasmoco Kaligawe membayar Rp 61 juta per 12 hari masa mudik dan balik Lebaran 2019.

"Angka ini melonjak dua kali lipat dibanding tahun lalu sekitar Rp 30 jutaan. Tarif sewa ini sudah termasuk aliran listrik," kata Bayu.

Menurut Bayu, biaya sewa di rest area Tol Semarang-Solo relatif mahal, namun hal itu sesuai dengan citra positif yang didapat.

Catatan tahun lalu, misalnya. Nasmoco Kaligawe dipercaya menangani 196 unit. Tahun 2019, Bayu memperkirakan jumlah mobil yang tertangani 10 persen lebih tinggi.

Mengenai harga sewa yang relatif tinggi, David mengatakan, besarannya ditentukan oleh investor pemegang konsesi.

"Itu ditentukan PT Lingga Jati," tuntas dia.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X