Kompas.com - 31/05/2019, 21:00 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com - Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) selaku pengelola ruas tol Jombang-Mojokerto, Harsono Yohanes, mengatakan terdapat peningkatan volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jombang-Mojokerto selama mudik Lebaran 2019.

Peningkatan signifikan terjadi pada H-7 Lebaran tepatnya pada tanggal 29 Mei 2019 di mana jumlah kendaraan yang melalui jalan bebas hambatan ini sebesar 45 persen dari Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR).

"Hari normal rata-rata 22.000 menjadi 33.000 di H-7. Namun situasi masih sangat lancar," ujar Harsono menjawab Kompas.com, Jumat (31/5/2019).

Mayoritas pemudik berasal dari Surabaya menuju ke arah barat dan sebaliknya.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Lebih lanjut, dia mengimbau bagi para pemudik yang melintasi Jalan Tol Jombang-Mojokerto agar mengantisipasi tiga titik khususnya yang menuju ke Kediri atau Tulunganggung yakni di jalur arteri setelah exit Gerbang Tol (GT).

Ketiga titik itu antara lain di jembatan Kayen, perlintasan kereta, dan pertigaan Mengkreng.
"Di situ biasanya menjadi titk-titik kemacetan," ungkap Harsono.

Selain itu, Harsono juga menyarankan agar pemudik menyiapkan kendaraan yang prima serta menjaga kondisi badan selama perjalanan.

"Kalau ngantuk jangan dipaksa, lebih baik istirahat di rest area terdekat. Jangan lupa siapkan saldo yang cukup untuk kartu elektroniknya," ucap dia.

Jalan tol sepanjang 40,5 kilometer ini terbagi menjadi empat seksi yakni seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer beroperasi pada Oktober 2014.

Kemudian seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer dan seksi 3 sepanjang 5 kilometer. Adapun seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer telah beroperasi pada Desember 2018.

Secara keseluruhan, jalan tol ini memiliki tiga GT yakni di GT Jombang, GT Bandar, dan GT Mojokerto Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.