Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskresi Bisa Percepat "One Way" dan "Contraflow" di Jalan Tol

Kompas.com - 28/05/2019, 16:31 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan one way dan contraflow di jalan tol tak menutup kemungkinan akan selesai lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Hal tersebut dimungkinkan bila melihat kondisi arus lalu lintas relatif lancar.

Untuk diketahui, contraflow akan diterapkan mulai dari KM 29 sampai KM 61 Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 06.00-21.00 WIB. Sedangkan one way akan berlaku mulai dari KM 70 hingga KM 263 pada pukul 09.00-21.00 WIB.

Adapun pelaksanaannya yaitu pada 30 Mei sampai 2 Juni saat arus mudik dan 8-10 Juni saat arus balik Lebaran.

"Diskresi bisa dimunculkan di lapangan, tetapi tetap mempertimbangkan kapasitas jalannya. Bisa saja jamnya dipendekin," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur di kantornya, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Urai Macet Mudik, Konstruksi GT Cikampek dan Kalihurip Dipercepat

Namun, untuk memperpanjang waktu pelaksanaan one way dan contraflow, menurut dia, kecil kemungkinannya untuk dilaksanakan.

Sebab, pengelola jalan tol dan aparat kepolisian mempertimbangkan arus pengguna jalan yang berasal dari arah Bandung dan sekitarnya yang hendak menuju Jakarta.

Untuk diketahui, saat pelaksanaan mudik, diperkirakan tak kurang dari 1.383.830 kendaraan akan meninggalkan Jakarta.

Dari jumlah tersebut, 58,68 persen di antaranya atau sekitar 811.963 kendaraan akan menuju ke arah timur melewati Tol Jakarta-Cikampek.

Adapun yang akan melintasi GT Cikampek Utama menuju wilayah timur Jawa diperkirakan mencapai 54,44 persen atau sekitar 442.041 kendaraan.

Sedangkan yang akan menuju wilayah Bandung dan sekitarnya melalui GT Kalihurip Utama mencapai 45,56 persen atau sekitar 369.921 kendaraan.

"Kalau untuk perpanjangan kita belum diskusikan. Kenapa kita batasin, karena kita rawan saat baliknya. Pertimbangan saat ini kan ada 30-40 persen ke arah Bandung atau selatan," kata Subakti.

"Kalau balik ke Jakarta, kalau one way yang dimulai dari KM 29, kan berarti tidak bisa lewat tol. Kalau mulai dari 70 kan bisa lewat dalem," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com