Urai Macet Mudik, Konstruksi GT Cikampek dan Kalihurip Dipercepat

Kompas.com - 28/05/2019, 14:00 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70

JAKARTA, KOMPAS.com - Transaksi di Tol Jakarta-Cikampek telah resmi pindah per 23 Mei 2019. Pengguna tol tak perlu lagi membayar di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, melainkan di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Kendati telah pindah, namun belum sepenuhnya pembangunan kedua GT tersebut rampung. Maintenance Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Rudi Hardiansyah menjelaskan, saat ini pembangunan kedua GT baru mencapai 90 persen.

"Tapi secara fungsi sudah siap digunakan. Masih ada beberapa pekerjaan finishing, termasuk penyiapan kantor gerbangnya," kata Rudi di kantornya, Senin (28/9/2019).

Baca juga: 65 Rest Area Tol Trans Jawa Siap Digunakan Pemudik

Saat beroperasi pertama kali, tak kurang dari 71.955 kendaraan melintas di kedua GT itu. Rinciannya, 40.304 kendaraan melewati GT Cikampek Utama dan 31.651 kendaraan melewati GT Kalihurip Utama.

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan di ruas Tol Jakarta-Cikampek, sejumlah perbaikan telah diselesaikan seperti pekerjaan scrapping, filling dan overlay. Terutama, di area gang terdampak proyek pekerjaan infrastruktur.

"Ini sudah 100 persen selesai," kata dia.

Meski begitu, Jasa Marga tetap menyiagakan sejumlah petugas perbaikan. Terutama, untuk mengatasi persoalan bila mendapat aduan mengenai jalan berlubang selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X