Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Pohon Berkonsep Resor

Kompas.com - 27/05/2019, 20:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mandai Press Holdings (MOH) mengumumkan rencananya untuk membangun resor dan bekerja sama dengan jaringan hotel Banyan Tree Holdings Limited.

Keseluruhan resor dirancang dengan dengan 338 kamar yang terdiri dari kamar hotel, rumah pohon, serta pondok yang dirancang berada di atas tanah.

Fitur utamanya adalah 24 buah rumah pohon yang dibangun di antara pepohonan di dalam hutan.

Baca juga: Karyawan Amazon Kini Bisa Rapat di Rumah Pohon

Bahkan beberapa bagian resor akan dirancang melayang beberapa meter di atas tanah dengan tujuan memberikan ruang khusus bagi kehidupan alam dan menyajikan pemandangan hutan hujan.

-Mandai Park Holdings -
"Desain resor terinspirasi dari fauna dan flora yang tumbuh alami, serta arsitektur dan desain interiornya akan memamerkan keanekaragaman hayati Mandai bagi para tamu sehingga mereka dapat mengapresiasi dan mempelajarinya kembali," ujar Managing director WOW Architects, Wong Chiu Man.

Desain ruangan resor menggabungkan ventilasi natural dan panel surya. Selain itu, untuk mendinginkan ruangan, pengelola menggunakan air dingin tanpa harus menyalakan pendingin udara.

Para tamu juga akan berperan dalam upaya konservasi. MPH mengatakan bahwa para tamu akan didorong untuk mengurangi konsumsi energi dan air di kamar mereka, mendaur ulang, membuang limbah makanan secara bertanggung jawab dan menghormati flora dan fauna.

-Mandai Park Holdings -
Mereka juga dapat bergabung dengan kegiatan yang dikuratori secara khusus di taman margasatwa Mandai dan tempat wisata bertema alam.

"Distrik Margasatwa Mandai yang akan datang dirancang untuk memberikan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya namun sensitif ke alam bagi orang-orang dari semua lapisan masyarakat," kata ketua eksekutif Banyan Tree Holdings, Ho Kwon Ping.

WOW Architects akan berkolaborasi dengan tim konsultan spesialis untuk mematuhi desain berkelanjutan dan pengembangan resor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com