Karyawan Amazon Kini Bisa Rapat di Rumah Pohon - Kompas.com

Karyawan Amazon Kini Bisa Rapat di Rumah Pohon

Kompas.com - 10/02/2018, 06:00 WIB
The Spheres kantor baru Amazon.Nine The Spheres kantor baru Amazon.

KOMPAS.com - Raksasa e-commerce Amazon, baru saja merampungkan pembangunan sebuah ruang kerja baru bagi karyawan mereka, The Spheres.

Berlokasi tepat di sebelah kantor pusat mereka di Seattle, The Spheres ingin membawa karyawan Amazon lebih dekat secara harfiah dengan makna nama perusahaan tersebut.

Bangunan berbentuk tiga buah bola kaca raksasa itu diisi lebih dari 40.000 tanaman dari seluruh dunia.

Bangunan tersebut merupakan bagian dari investasi Amazon untuk memperluas area perkantoran mereka di pusat kota Seattle, senilai 4 miliar dollar AS atau setara 54,136 triliun.

"Taman hutan awan ini akan memberikan ruang bagi karyawan sesuatu yang khas, yang berkaitan langsung dengan alam," demikian tulis keterangan Amazon seperti dilansir Nine.

Dirancang tim arsitek NBBJ, penggarapan The Spheres dilakukan oleh sekitar 600 orang kreatif.

Ketiga unit bangunan itu saling berbagi di dalam area terbuka dengan ribuan tanaman, yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang.

The Spheres kantor baru Amazon.Nine The Spheres kantor baru Amazon.

"Ada lebih dari 300 spesies tanaman yang berasal dari 50 negara di hampir setiap benua. Masing-masing tanaman memiliki cerita menarik untuk direitakan," tulis Amazon.

Tak hanya itu, bangunan tersebut juga memiliki ruang rapat berbentuk rumah pohon, fitur sungai dan air terjun, hingga dinding hidup bertingkat empat.

Desain biofil dipilih untuk menurunkan tingkat stres, serta meningkatkan fungsi otak dan kreatifitas pegawai.

Bagian fasad bangunan yang memiliki pola geometris tak hanya keren, tetapi juga menyajikan bentuk yang berasa langsung dari alam, yang dikenal sebagai Catalan Solid.

The Spheres kantor baru Amazon.Nine The Spheres kantor baru Amazon.

Sementara itu, di bawah permukaan kaca terdapat lapisan film yang membantu membatasi tingkat radiasi infra merah yang masuk, serta menjaga interior tetap dingin.

"Bangunan unik ini jauh lebih bayak fungsinya daripada sekadar untuk ruang kreatif dan indah bagi karyawan Amazon. Mereka akan membantu melestarikan sejumlah spesies tanaman langka dari seluruh dunia dan memberikan pendidikan yag tak terhitung jumlahnya," kata Wali Kota Seattle, Jay Inslee.

The Spheres kantor baru Amazon.Nine The Spheres kantor baru Amazon.



Close Ads X