Sambut Mudik, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Dibuka Fungsional

Kompas.com - 26/05/2019, 04:00 WIB
Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Kementerian PUPRRuas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung


PALEMBANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan, perseroan sudah menyelesaikan 95 persen pembangunan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang.

Tol ini akan dibuka secara fungsional menjelang Lebaran 2019.

"Dari Terbanggi Besar sampai Pematang Panggang sudah selesai dua jalur, Lebaran nanti bisa dipakai fungsional," ujar Bintang saat ditemui di Palembang, Sabtu (25/5/2019).

Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 kilometer merupakan sambungan dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, sedangkan sambungan berikutnya adalah Tol Pematang Panggang-Kayu Agung yang progresnya sekarang lebih dari 90 persen.

Baca juga: Mudik Lewat Tol Kayu Agung-Palembang Dibatasi Pukul 06.00-18.00 WIB

Adapun Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang terbentang sepanjang 189 kilometer direncanakan selesai pada Juni 2019.

Selanjutnya, Ruas Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 34 kilometer saat ini dalam penyelesaian dan direncanakan juga bisa dibuka fungsional pada H-7 Lebaran tahun ini.

Bintang menargetkan Tol Kayu Agung-Palembang rampung seluruhnya pada akhir Agustus mendatang.

"Kayu Agung-Palembang akan fungsional H-7 ke arah Palembng. Akan selesai sempurna nanti akhir Agustus," imbuh Bintang.

Sebelumnya, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah beroperasi penuh sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (8/3/2019).

Tol sepanjang 140 kilometer tersebut merupakan bagian paling selatan dari rangkaian Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang total 329 kilometer yang dikelola PT Hutama Karya (Persero).

Sisanya sepanjang 189 kilometer sampai saat ini masih berlaku fungsional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sebagai bagian dari Tol Trans-Sumatera siap melayani para pemudik menjelang Lebaran 2019.

"Beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat di libur Lebaran," ucap Rini di KM 33 A Tol Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (24/5/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X