Kompas.com - 25/05/2019, 20:11 WIB
Kondisi Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Kompas.com/ERWIN HUTAPEAKondisi Jalan Tol Kayu Agung-Palembang


KAYU AGUNG, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit mengungkapkan, Ruas Tol Kayu Agung-Palembang akan dibuka secara fungsional selama 12 jam setiap hari sebelum dan setelah Lebaran 2019.

Tol yang menjadi bagian dari jaringan Tol Trans-Sumatera itu hanya dibuka pada pukul 06.00-18.00 WIB mulai H-10 sampai H+10.

Namun, kepastian operasionalisasi setengah hari ini tergantung keputusan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

"Kalau rekomendasi dari Korlantas setengah hari dari jam 6 pagi sampai 6 sore. Berlaku saat mudik H-10 dan H+10," kata Danang di Tol Kayu Agung, Sumatera Selatan, Jumat (24/5/2019).

Aturan itu akan diberlakukan dengan pertimbangan kondisi fisik jalan yang belum memadai, yakni berupa lean concrete.

Baca juga: Kondisi Mulus, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Dilintasi Pemudik

Selain itu, belum ada rambu-rambu dan marka jalan yang membantu dan memudahkan pemudik berkendara.

Itulah yang menjadi pertimbangan demi keselamatan dan keamanan pengendara yang akan melintas di sana.

"Kami pastikan jalannya aman, terutama untuk rambu marka sementara dan yang penting juga pelindung samping. Tidak semuanya sudah ada marka, jadi menggunakan rambu sementara supaya kendaraan itu tetap berada di tengah jalan," ucap Danang.

Di samping itu, Danang juga menyarankan pengelola tol agar menyediakan petugas lapangan di sepanjang pinggir jalan untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan.

"Kami juga mendorong para pengguna untuk berhati-hati. Lalu badan usaha dan kontraktor menyediakan orang yang namanya flag man di titik tertentu," imbuh Danang.

Pengaturan tugas flag man  berlaku mulai dari Simpang Susun Kayu Agung sampai pintu keluar Jakabaring, Palembang.

Untuk diketahui, Ruas Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 34 kilometer merupakan bagian dari Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang total panjangnya 112 kilometer.

Pengelolanya adalah PT Sriwijaya Markmore Persada yang merupakan anak usaha PT Waskita Toll Road. Ditargetkan tol itu akan beroperasi pada Juni 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.