Kondisi Mulus, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Dilintasi Pemudik

Kompas.com - 24/05/2019, 22:09 WIB
Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Kompas.com/ERWIN HUTAPEARuas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar


TERBANGGI BESAR, KOMPAS.com - Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah beroperasi penuh sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (8/3/2019).

Saat Kompas.com berkesempatan melintasi tol tersebut, kondisi permukaan jalan terlihat mulus. Selain itu, ruas tol ini dilengkapi tiga rest area yang berada di KM 33, KM 87, dan KM 116, baik di jalur A maupun B.

Di rest area tersebut terdapat toilet, mushala, SPBU modular, penjaja makanan dan minuman, serta anjungan tunai mandiri (ATM).

Tol sepanjang 140 kilometer ini merupakan bagian paling selatan dari rangkaian Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang total 329 kilometer yang dikelola PT Hutama Karya (Persero).

Baca juga: Kecepatan Kendaraan di Tol Kayu Agung-Palembang 40 Kilometer Per Jam

Sisanya sepanjang 189 kilometer sampai saat ini masih dibuka fungsional.

Dalam tinjauan kerjanya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sebagai bagian dari Tol Trans-Sumatera siap melayani para pemudik menjelang Lebaran 2019.

"Beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat di libur Lebaran," ucap Rini dalam acara Tour Perdana Tol Trans-Sumatera Bakauheni-Palembang di KM 33 A Tol Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (24/5/2019).

Dia mengatakan, fasilitas di tempat istirahat tersebut merupakan kerja sama Hutama Karya dengan Himbara dan Pertamina.

Kerja sama itu berupa penyediaan mobile ATM, pengusaha UMKM binaan, dan tempat pengisian bahan bakar minyak (BBM). 

"Contohnya di tempat istirahat Km 33 yang ditinjau hari ini, saya lihat semua fasilitas yang dibutuhkan pemudik sudah siap, seperti makanan, minuman, dan BBM,” imbuhnya.

Di sepanjang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Hutama Karya menyediakan 12 tempat istirahat, yaitu di KM 33 jalur A dan B, KM 87 jalur A dan B, KM 116 jalur A dan B, KM 163 jalur A, KM 172 jalur B, KM 208 jalur A, KM 215 jalur B, KM 234 jalur A, dan KM 285 jalur B. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X