Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Klodran, Bikin Perjalanan Mudik Tak Membosankan

Kompas.com - 25/05/2019, 16:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ada banyak hal menarik dalam ekspedisi mudik Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com 4.0 tahun ini.

Selain telah tersambungnya ruas-ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 965 kilometer, pemandangan alam panoramik, juga struktur pelengkap jalan tol yang ditahbiskan sebagai ikon kawasan masing-masing.

Sebut saja Jembatan Kalikuto di ruas Tol Batang-Semarang yang menjadi tengara Kabupaten Batang, dan Jembatan Klodran atau Simpang Susun (Klodran) di ruas Tol Solo-Ngawi yang menjadi landmark Kota Solo.

Baca juga: Kilas Balik Jembatan Kalikuto, Sebelum dan Sesudah Dibangun

Untuk nama terakhir, yang paling mencolok adalah fungsi ganda Jembatan Klodran sebagai simpang susun atau interchange.

Jembatan Klodran di ruas tol Solo - Ngawi, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Jembatan Klodran di ruas tol Solo - Ngawi, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).
Desainnya dinilai demikian istimewa. Kendati istimewa dan dibuat dengan memenuhi unsur estetika, namun tidak melupakan fungsinya sebagai jembatan simpang susun, dan juga kualitas struktur.

Sebelum diresmikan pada 2017 lalu, banyak warga sekitar yang melakukan swafoto. Tak hanya itu, mereka menjadikan SS Klodran ini sebagai penanda untuk menunaikan janji temu, sekaligus menghabiskan waktu menanti senja berlalu.

Dalam catatan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, struktur Jembatan Klodran menggunakan cable stayed yang jarang digunakan di Indonesia.

Jembatan Klodran di ruas tol Solo - Ngawi, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Jembatan Klodran di ruas tol Solo - Ngawi, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).
Hingga saat ini, jembatan yang menggunakan struktur seperti ini bisa dihitung dengan jari sebelah tangan yakni Jembatan Pasupati Bandung, dan Suramadu.

Cable stayed pada Jembatan Klodran bukan ornamen hiasan seperti pada jembatan Grand Wisata di Bekasi. Fungsi cable stayed ini adalah sebagai struktur.

Rupa Jembatan Klodran ini tak kalah dibanding struktur serupa di kota Rotterdam, Belanda, yakni Erasmus Bridge.

Kehadiran Jembatan Klodran, serta struktur-struktur ikonik lainnya, ternyata mampu mengusir rasa jenuh setelah berkendara berjam-jam dalam perjalanan panjang dari Merak ke arah timur hingga Surabaya.

Kompas Video KOMPAS.com - Mudik tak lagi identik dengan kata bosan, terutama bagi Anda yang berdomisili di Pulau Jawa. Tol Trans Jawa telah dibuka, membentang sepanjang 965 kilometer dari Merak sampai Probolinggo. Hadirnya tol Trans Jawa tentu mempermudah akses antar kota, serta membuat mudik menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Inilah yang menjadi fokus dalam program " Merapah Trans Jawa 4.0" yang dipersembahkan oleh Kompas.com. Beragam informasi akurat tepercaya mulai dari kondisi fisik jalan tol, tarif tol, perawatan kendaraan sebelum mudik, cara berkendara yang baik, wisata kuliner dan obyek wisata alam disajikan secara khas, edukatif, informatif, positif, dan inspiratif dalam platform multimedia, berupa artikel, foto, dan video, serta Visual Interaktif Kompas (VIK). #merapahtransjawa4 #merapahtransjawa #otomotif #toltransjawa #mudik #arusmudik #travel #tol

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com