Kompas.com - 24/05/2019, 15:56 WIB
Rest area tol Batang - Semarang km 379A, Batang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2019). Menjelang arus lebaran 2019 rencananya, rest area yang dilengkapi SPBU itu, akan mulai beroperasi tanggal 29 Mei 2019. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMORest area tol Batang - Semarang km 379A, Batang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2019). Menjelang arus lebaran 2019 rencananya, rest area yang dilengkapi SPBU itu, akan mulai beroperasi tanggal 29 Mei 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemberian diskon tarif tol selama mudik dan balik Lebaran 2019 rupanya berbuntut pada penghentian klasterisasi tarif di ruas Tol Trans-Jawa.

Sebelumnya, klasterisasi tarif ini diberlakukan untuk menyiasati mahalnya tarif Tol Trans-Jawa setelah tujuh ruas yang menjadi bagian tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo, akhir 2018 lalu.

"Jadi sekaligus menghentikan diskon clustering," kata Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Desi Arryani di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (24/5/2019).

Untuk diketahui, selama mudik dan balik Lebaran akan berlaku diskon sebesar 15 persen di tol beroperasi dan bertarif di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tarif Tol Didiskon 15 Persen Selama Lebaran

Adapun pelaksanaannya pada 27, 28, dan 29 Mei saat arus mudik dan 10, 11, dan 12 Juni saat arus balik.

Desi beralasan, sulit untuk melakukan kalkulasi bila diskon yang diberikan double.

"Kemarin tanggal 23 selesai, dan 27, 28, 29 berlaku diskon yang baru," ujarnya.

Sebelumnya di Trans-Jawa berlaku empat klasterisasi pengoperasian berdasarkan wilayah operasi.

Klaster I meliputi Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan. Sementara Klaster II mencakup Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Adapun Klaster III terdiri atas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.