Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2019, 13:32 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengingatkan pemudik untuk menggunakan tempat istirahat dan tempat istirahat dengan pelayanan (TI/TIP) atau rest area di jalan tol secukupnya.

Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pemudik lain yang kelelahan, untuk beristirahat di tempat yang sama. Dengan demikian, antrean panjang di pintu TI/TIP yang berpotensi mengakibatkan kemacetan dapat diminimalisasi.

"Kalau memang mereka ingin istirahat ya istirahat seperlunya," kata Refdi di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Pemudik, Catat Informasi Lengkap Tarif dan Fasilitas Tol Trans-Jawa

Untuk di sepanjang Tol Trans Jawa, terdapat 71 TI/TIP yang terdiri atas 55 TI/TIP operasional dan 16 TI/TIP dalam tahap konstruksi.

Adapun di ruas Tol Trans Sumatera 11 TIP sementara yang tersebar di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Nantinya, petugas akan memasang rambu-rambu imbauan di setiap TI/TIP yang ada di sepanjang jalur mudik. Korlantas juga menempatkan petugas yang memang akan memberikan imbauan langsung secara lisan.

"Kita berikan pemahaman kepada mereka bahwa rest area itu di samping mereka yang menggunakan, kan juga digunakan oleh orang lain. Nanti sirkulasinya pun menjadi lebih mudah," imbuh Refdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com