Inspirasi Unik Konsep Rumah Batu

Kompas.com - 15/05/2019, 12:00 WIB
Konsep desain rumah di dalam batu karya Amey Kandalgaonkar Amey Kandalgaonkar Konsep desain rumah di dalam batu karya Amey Kandalgaonkar

KOMPAS.com - Pernah membayangkan memiliki rumah di dalam gua? Atau bagaimana jika rumah yang Anda inginkan berada di dalam struktur batu?

Arsitek asal Shanghai, Amey Kandalgaonkar merancang konsep rumah yang berada di dalam batu besar.

Konsep hunian dengan desain futuristik tersebut tampak seolah diselipkan ke dalam batu.

Kandalgaonkar mengatakan, ia membayangkan menempatkan struktur rumah dengan cara memotong batu dan memasukkan lempengan beton.

Baca juga: Desain Dinamis Museum Mata-mata
 
Desain yang mencolok tersebut terinspirasi dari situs warisan dunia UNESCO yang bersejarah di Madain Saleh, Arab Saudi. Tempat ini dikenal dengan permukaan batu batunya yang diukir sebagai makam.

Situs Madain Saleh di Arab SaudiCollater.al Situs Madain Saleh di Arab Saudi
Kandalgaonkar terinspirasi oleh kuburan yang dipotong langsung ke formasi batuan. Ia pun merancang desain rumah serupa dengan lempengan beton yang memotong batu di bidang vertikal dan horizontal.

"Dengan mempertimbangkan kompleksitas bebatuan di Madain Saleh, sangat penting untuk mmenggunakan denah sederhana dengan bentuk kubus untuk untuk mencapai keseimbangan visual," ujar Kandalgaonkar.

Setelah memasukkan rumah ke dalam batu, Kandalgonkar mencoba untuk menjaga dampak visualnya dari ketinggian mata seminimal mungkin dan hanya ketika diamati dari atas.

-Amey Kandalgaonkar -
Hanya dengan melihatnya dari atas, orang dapat memahami ukuran dan permukaan asli rumah di dalam batu.

Dari segi fasilitas, rumah tersebut rencananya dilengkapi dengan kolam renang tanpa batas yang menghadap ke lingkungan berbatu, beberapa dek, dan area luar ruangan.

Meski masih berupa konsep, namun desain ini bisa menjadi insprasi bagi Anda yang ingin mencari desain rumah unik, tertarik mencoba?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber designboom
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X