Desain Dinamis Museum Mata-mata

Kompas.com - 14/05/2019, 20:39 WIB
Suasana di dalam International Spy Museum (Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat. Dezeen.comSuasana di dalam International Spy Museum (Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Biro arsitek Rogers Stirk Harbor and Partners telah menyelesaikan pembangunan International Spy Museum ( Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat.

Museum ini menampilkan desain bangunan yang didominasi warna hitam, dengan sejumlah kolom merah dan dinding kaca zig-zag.

Lokasinya terletak di L'Enfant Plaza, kawasan bersejarah di barat daya kota yang dikelilingi oleh bangunan komersial berusia tua.

Rogers Stirk Harbor and Partners membuat desain dinamis pada bangunan itu untuk menarik perhatian orang dan terlihat dari National Mall, area terbuka berumput hijau terdapat monumen yang menjadi ikon kota, yaitu Lincoln Memorial dan Washington Monument.

Baca juga: Cerita di Balik Piramida Kaca Museum Louvre

Museum itu berukuran 13.006 meter persegi, terdiri dari bangunan berbentuk kotak hitam yang dilapisi kolom merah tebal setinggi 21 meter. 

Struktur bangunannya mengarah ke atas sehingga menyerupai trapesium terbalik dan dilapisi fasad kaca. Ruangan di dalamnya berfungsi sebagai lobi dan ruang komersial.

Desain International Spy Museum (Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat.Dezeen.com Desain International Spy Museum (Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat.

"Kami memainkan warna kontras dan ingin membuatnya condong ke jalan agar benar-benar bisa dilihat," kata arsitek Ivan Harbor, seperti diwartakan Dezeen.com, Minggu (12/5/2019).

Menurut dia, desain museum itu harus dibuat miring karena jika tetap membuatnya berada di dalam area lahan yang sama, secara visual akan sulit terlihat dari bangunan lain.

Fasad hitam bersudut di sebelah barat museum tampak disamarkan oleh kaca berlipat yang di dalamnya terdapat akses untuk para pejalan kaki.

Desain International Spy Museum (Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat.Dezeen.com Desain International Spy Museum (Museum Mata-mata Internasional) di Washington DC, Amerika Serikat.
Struktur kolom miring berwarna merah itu juga berfasad kaca. Di dalamnya tersedia tangga berwarna dasar hijau bisa dilihat dari luar.

International Spy Museum memiliki ruang untuk pameran seluas 3.251 meter persegi yang terdiri dari beberapa lantai.

Pengunjung yang memasuki museum itu akan dipandu ke lantai paling atas dahulu, baru kemudian berjalan turun menyusuri galeri yang tersedia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X