MRT Beroperasi, Sejumlah Pengembang Berlomba Bangun Akses Penghubung

Kompas.com - 06/05/2019, 14:00 WIB
Suasana masyarakat saat mengikuti kegiatan uji coba kereta MRT fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Uji coba publik kereta MRT fase 1 dilakukan mulai 12-23 Maret 2019. Hingga 11 Maret, tercatat 184.738 orang yang mendaftar untuk mengikuti rangkaian uji coba tersebut. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana masyarakat saat mengikuti kegiatan uji coba kereta MRT fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Uji coba publik kereta MRT fase 1 dilakukan mulai 12-23 Maret 2019. Hingga 11 Maret, tercatat 184.738 orang yang mendaftar untuk mengikuti rangkaian uji coba tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut kehadiran moda raya terpadu ( MRT) di Jakarta yang telah beroperasi secara resmi, sejumlah pengembang berlomba-lomba memberikan kemudahan akses kepada penghuni di unit propertinya.

PT Intiland Development Tbk contohnya. Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk Theresia Rustandi mengatakan, ada tujuh properti Intiland yang posisinya dekat dengan stasiun MRT mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Ketujuh proyek itu yakni 57 Promenade yang jaraknya sekitar 500 meter dari Stasiun MRT Bundaran HI dan Dukuh Atas; Intiland Tower yang bersebelahan dengan Stasiun MRT Bendungan Hilir; dan 1Park Avenue, sekitar 2 kilometer dari Stasiun MRT Blok M.

Baca juga: MRT Beroperasi, Pengembang Berlomba Tawarkan Properti

Kemudian, South Quarter dan SQ Residensce yang letaknya sekitar 500 meter dari Stasiun MRT Fatmawati; South Grove, lebih kurang 700 meter dari Stasiun Fatmawati; Serenia Hills, sekitar 1,5 kilometer dari Stasiun MRT Lebak Bulus; dan Poins Square yang bersebelahan dengan Stasiun MRT Lebak Bulus.

“Beberapa proyek yang lokasinya bersebelahan atau dekat dengan stasiun MRT disiapkan moda penghubung berupa shuttle bus. Ada dua proyek yang akan terhubung langsung, yakni Intiland Tower Jakarta dengan Stasiun Bendungan Hillir dan Poins dengan Stasiun Lebak Bulus,” ujar Theresia kepada Kompas.com, Sabtu (4/5/2019).

Selain Intiland, ada juga pengembang lain yang membangun akses ke properti milik mereka. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin menuturkan, ada akses yang saat ini sudah dibangun dan ada pula yang sedang dalam pembangunan.

Dia mencontohkan akses di Stasiun MRT Blok M yang telah terhubung dengan Blok M Plaza. Tercatat sejak tahun 2018 hingga awal tahun ini, PT Pakuwon Jati Tbk selaku pengembangnya merenovasi pusat perbelanjaan tersebut.

Renovasi itu mencakup perbaikan gedung mal yang diharapkan menambah jumlah penyewa dan variasi produk, sekaligus pembuatan akses jembatan penghubung ke stasiun MRT.

“Yang sudah berfungsi sekarang dengan Blok M Plaza. Aksesnya berupa jembatan yang menghubungkan lantai concourse stasiun MRT Jakarta dengan lantai 2 Blok M Plaza,” ucap Kamaludin saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/5/2019).

Dia menambahkan, proyek properti lain yang juga akan menyediakan akses penghubung yaitu gedung Thamrin Nine. Bangunan multifungsi ini terkoneksi dengan Stasiun Dukuh Atas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X