Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Beroperasi, Pengembang Berlomba Tawarkan Properti

Kompas.com - 30/04/2019, 22:14 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT) di Jakarta sudah beroperasi secara resmi dan dikenakan tarif sejak Senin (25/4/2019). 

MRT fase pertama memiliki rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Terdapat 13 stasiun dalam rute ini yang tersbentang sepanjang 16 kilometer.

Ke-13 stasiun tersebut yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

Kehadiran MRT Jakarta ini disambut antusias masyarakat, dan juga para pengusaha, terutama mereka yang memiliki bisnis inti properti.

Para pengembang ini berlomba menawarkan proyek baru, dan juga properti lama yang direnovasi untuk kemudian dipasarkan kembali.

Salah satunya adalah PT Menara Prambanan yang membangun Poins Square. Kompleks bangunan multifungsi yang terdiri dari apartemen dan pusat belanja ini sejatinya sudah beroperasi sejak 2005.

Baca juga: Kehadiran MRT Jakarta Angkat Nilai Properti

Namun, karena eforia MRT jakarta, Menara Prambanan melakukan pembaruan terhadap Poins Square yang lokasinya persis di samping Stasiun MRT Lebak Bulus.

Tak hanya secara fisik, pembaruan juga mereka terapkan pada harga jual unit-unit apartemennya.

Unit hunian Poins Square bisa disewa secara harian, bulanan atau tahunan dan juga dimiliki secara strata title.

Dalam pencarian Kompas.com di salah satu situs properti, harga sewa per unitnya bervariasi. Sementara harga jualnya berkisar antara Rp 800 juta hingga sekitar Rp 4 miliar per unit.

Asisten GM Marketing Poins Square Widya mengatakan, pengaruh dari pembangunan MRT terhadap transaksi penyewaan cukup terasa.

“Membaik, ada peningkatan lebih kurang 10 persen dari data kami sekitar 1 sampai 2 minggu ini,” ucap Widya kepada Kompas.com, Senin (18/3/2019).

Suasana Stasiun MRT Lebak Bulus Pada Jam Pulang Kerja, Senin (25/3/2019)KOMPAS.com - Walda Marison Suasana Stasiun MRT Lebak Bulus Pada Jam Pulang Kerja, Senin (25/3/2019)
Jumlah itu berlaku untuk penyewaan kios dan apartemen. Adapun saat ini tersedia 500 unit kios serta 322 unit apartemen di Tower A dan B. 

Masih di sekitar Stasiun MRT Lebak Bulus, terdapat proyek lain bernama Synthesis Homes yang dikembangkan oleh Synthesis Development.

Proyek perumahan ini berlokasi di daerah Ciputat, Tangerang Selatan. Jaraknya hanya sekitar dua kilometer dari Stasiun MRT Lebak Bulus.

Baca juga: MRT Beroperasi, Momentum Bagi DKI Wujudkan Program DP 0 Rupiah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com