Gedung KPU, Saksi Bisu Bersejarah Perjalanan Politik Indonesia

Kompas.com - 03/05/2019, 15:30 WIB
Bagian depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Kompas/Johnny TGBagian depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam beberapa pekan terakhir ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang merupakan lembaga pemerintah dengan tugas dan kewenangan menyangkut penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu), menjadi perbincangan utama.

Perannya memang vital, menyangkut perencanaan dan pelaksanaan pemilu, menyeleksi partai-partai politik yang berhak sebagai peserta pemilu, menetapkan calon presiden dan wakil presiden, dan menetapkan jumlah kursi anggota DPR, DPRD I dan DPRD II untuk setiap daerah pemilihan.

Termasuk menetapkan hasil penghitungan suara pada 22 Mei 2019, sehingga diketahui para pemenang pemilu 2019.

Semua itu dilakukan demi merealisasikan visinya sebagai penyelenggara pemilu yang mandiri, profesional, dan berintegritas untuk terwujudnya pemilu yang luber dan jurdil.

Berbagai kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung KPU yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. 

Gedung KPU adalah saksi bisu perhelatan politik bangsa Indonesia. Namun, tak semua dari kita mengetahui, bahwa Gedung KPU merupakan salah satu bangunan bersejarah yang masih tegak berdiri hingga saat ini.

Bagaimana perjalanan panjang gedung ini?

Menurut laman Arsitektur Indonesia, pada awal didirikan, bangunan itu merupakan Gedung Pusat Perkebunan Negara (PPN).

Baca juga: Mengintip Pasar Badung yang Disebut Jokowi Punya Arsitektur Terbaik

Lembaga ini memiliki peranan penting pada zaman awal kemerdekaan Indonesia sebagai wadah persatuan sejumlah perusahaan perkebunan dan pertanian yang dinasionalisasikan dari perusahaan-perusahaan Belanda.

Ketika itu, sebagian besar pendapatan negara diperoleh dari ekspor hasil perkebunan. Jumlahnya jauh lebih besar dari bidang perminyakan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X