Kompas.com - 29/04/2019, 22:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Dani Prabowo/Kompas.comMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berjanji membantu badan usaha jalan tol (BUJT) mempercepat penyelesaian dana talangan tanah untuk proyek jalan tol yang masuk daftar proyek strategis nasional (PSN).

Pengembalian dana talangan tersebut menjadi tugas Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), yang merupakan badan layanan umum (BLU) Kementerian Keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau untuk dana talangan saya justru sudah janji saya akan datangi, atau ngadep Bu Puspa (Dirut) dari LMAN untuk bisa ajari bapak-ibu sekalian satu per satu," kata Basuki saat rapat koordinasi Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Rp 5,8 Triliun Dana Talangan Tol Waskita Belum Dibayar LMAN

Misalnya, sebut Basuki, berapa banyak tagihan dana talangan yang telah dibayarkan BUJT namun belum dikembalikan LMAN (outstanding), berkas-berkas yang belum dipenuhi, hingga mendesak LMAN untuk segera membayarkan bila semua berkas telah dipenuhi.

Basuki berharap, dengan pengembalian dana talangan yang lebih cepat, BUJT memiliki kemampuan finansial untuk menggarap proyek selanjutnya.

"Jadi itu janji saya kepada bapak ibu sekalian untuk 'demo' ke LMAN untuk bisa percepatannya supaya bisa membangun jalan tol yang lainnya," tegas Basuki.

LMAN memiliki alokasi anggaran untuk pengembalian dana talangan sebesar Rp 59,398 triliun.

Baca juga: LMAN: Dana Talangan Tanah Tol Rp 5,03 Triliun, Baru Tahap Awal Tagihan

Adapun jumlah tagihan yang telah masuk ke LMAN dari tahun 2016-2018 mencapai Rp 36,355 triliun. Sementara, jumlah tagihan yang telah dibayarkan sebesar Rp 32,219 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.