Sambut Lebaran, BPJT Cek Kesiapan Fungsionalisasi Tol Trans Sumatera

Kompas.com - 24/04/2019, 19:00 WIB
Kepala BPJT Danang ParikesitKompas.com / Dani Prabowo Kepala BPJT Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) bakal mengecek kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera yang akan dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2019.

Salah satu yang akan dicek yaitu Tol Kayu Agung-Palembang Betung yang digarap PT Sriwijaya Markmore Persada, anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR).

"Kami akan cek ke lapangan dulu, jangan sampai mereka declare bisa digunakan ternyata belum bisa. Jadi jangan sampai tidak siap," kata Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Ranto Parlindungan Rajagukguk di kantornya, Senin (22/4/2019).

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan keamanan jalur yang akan dilintasi pemudik. Terutama untuk Seksi I Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer.

Sebelumnya, Corporate Secretary WTR Alex Siwu mengklaim, Seksi I Kapal Betung dapat dibuka fungsional pada musim Lebaran tahun ini.

Baca juga: Mudik Lebaran ke Jakabaring Bisa Lewat Tol

"Rencananya untuk ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung akan diperasikan fungsional saat Lebaran. Khusunya Seksi I," kata Alex kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2019) lalu.

Sementara itu, Kepala BPJT Danang Parikesit menuturkan, pengecekan juga akan dilakukan untuk ruas lain yang akan dibuka fungsional.

Terutama, untuk memastikan keberadaan tempat istirahat yang nantinya akan digunakan para pemudik bila kelelahan usai menempuh perjalanan jauh.

Pasalnya, hampir sebagian besar Tol Trans Sumatera yang akan digunakan saat mudik, baik yang berstatus operasi maupun fungsional belum dilengkapi tempat istirahat.

Sehingga, pemerintah perlu membangun tempat istirahat sementara untuk mengatasi persoalan ini.

"Kita mau survei di Sumatera Selatan dan Lampung karena mereka jarak rest areanya jauh-jauh dan temporary. Dan kita ingin meyakinkan lokasi mana saja yang sangat kritis untuk disediakan," jelas Danang.

Baca juga: Rekor Baru, Pemerintahan Jokowi-JK Operasikan 39 Tol dalam 4,5 Tahun

Dalam catatan Kompas.com, Jalan Tol Trans Sumatera yang siap beroperasi yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 kilometer, dan Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 kilometer.

Kemudian, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer, dan ruas Medan-Binjai Seksi 2-3 Helvetia-Binjai sepanjang 10,46 kilometer.

Adapun ruas yang akan dibuka fungsional yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer dan Seksi I ruas Medan-Binjai Segmen Helvetia-Jl Veteran sepanjang 2,8 kilometer.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X